Hendak ke Jakarta, 74 Pelajar SMK Sukabumi Diamankan, 66 Positif Pakai Obat Penenang

Kompas.com - 01/10/2019, 20:54 WIB
Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo (kiri) bersama Wakil Kapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman Salim (kanan) memperlihatkan print out ajakan kepada pelajar saat konperensi pers di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019). KOMPAS.com/BUDIYANTOKepala Polres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo (kiri) bersama Wakil Kapolres Sukabumi Kota Kompol Sulaeman Salim (kanan) memperlihatkan print out ajakan kepada pelajar saat konperensi pers di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019).

SUKABUMI, KOMPAS.com -  Polres Sukabumi Kota amankan sebanyak 74 pelajar SMK swasta yang akan ikut aksi demonstrasi di Jakarta dari beberapa lokasi penyekatan, Senin (30/9/2019) kemarin.

Sebanyak 66 pelajar di antaranya telah dinyatakan positif mengonsumsi obat penenang benzodiazepine.

Hal tersebut terungkap setelah seluruh pelajar yang diamankan menjalani tes urine.

"Seluruh pelajar yang positif sudah kami bawa ke rehabilitasi BNN (Badan Narkotka Nasional) Sukabumi dan rehabilitasi di Bogor," kata Kepala Polres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Sukabumi Kota, Selasa (1/10/2019) petang.

Dia menuturkan dari 74 pelajar yang berasal dari SMK swasta di Kota Sukabumi ini sebanyak 55 pelajar diamankan dari wilayah hukum Polres Sukabumi Kota dan 19 pelajar diamankan di wilayah hukum Polres Sukabumi.

Baca juga: Cerita Dua Ibu Cari Anaknya yang Ikut Demo: Masih SMK, Tugasnya Belajar...

Rencananya lanjut dia puluhan pelajar yang diamankan tersebut akan berangkat ke Jakarta dengan menumpang truk.

Para pelajar itu berangkat ke Jakarta mendapatkan ajakan dari akun facebook (FB) dan WhatsApp group (WAG).

"Sekarang perkara ajakan dalam media sosial ini sedang diselidiki," ujar dia.

Penyekatan

Sejumlah pelajar yang teejaring penyekatan tiba si Mapolres Sukabumi Kota, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (30/9/2019)KOMPAS.COM/BUDIYANTO Sejumlah pelajar yang teejaring penyekatan tiba si Mapolres Sukabumi Kota, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (30/9/2019)
Wisnu mengatakan pihaknya pada Senin (30/9/2019) menggelar langkah penyekatan di beberapa tempat. Di antaranya di Cibolang, Terminal Jalur, stasiun kereta api Sukabumi dan stasiun Cisaat.

Sementara Polres Sukabumi pada waktu yang sama, Senin (30/9/2019) juga melakukan penyekatan mengantisipasi mobilisasi pelajar dan mahasiswa ke Jakarta.

Lokasi penyekatan di Bojongkokosan Parungkuda dan daerah perbatasan Sukabumi dengan Bogor di Benda Cicurug.

"Kami mengamankan sebanyak 23 pelajar SMK dari truk toronton yang ke arah Jakarta,"  kata Kepala Satuan Sabhara Polres Sukabumi Iptu Tenda Sukendar kepada wartawan di Sukabumi, Senin (30/9/2019) kemarin.

"Setelah kami amankan lalu periksa tasnya untuk menjaga hal tidak diinginkan dan diberikam arahan lalu diantarkan pulang ke rumahnya," sambung dia.

Baca juga: Janjian Demo di DPR Via Grup Whatsapp, Puluhan Pelajar Diamankan di Depok

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X