Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Rusak 14 Rumah di Barito Kuala, 2 Warga Terluka

Kompas.com - 01/10/2019, 16:08 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi


MARABAHAN, KOMPAS.com - Sebanyak 14 rumah warga di Desa Tamba Jaya, Tabukan, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, rusak diterjang puting beliung.

Akibat kejadian ini, ada 2 warga yang mengalami luka-luka terkena material bangunan yang beterbangan saat warga berusaha menyelamatkan diri.

"Menurut warga, angin sangat kencang disertai hujan deras langsung datang, akibatnya ada 14 rumah yang terdampak sementara 2 warga luka," ujar Kepala Pelaksana BPBD Barito Kuala Sumarno saat dihubungi, Selasa (1/9/2019).

Baca juga: 15 Rumah dan Gedung Sekolah Rusak Dihantam Puting Beliung

Kebanyakan rumah yang mengalami rusak parah terletak di pesisir sungai yang areanya sangat terbuka.

Sehingga, ketika angin puting beliung datang, tidak ada pepohonan yang bisa menghalangi atau memperlambat kecepatan angin.

"Rumah-rumah warga yang terdampak ini kebanyakan di pesisir sungai, 3 di antaranya bahkan ambruk saat angin datang," lanjut Sumarno.

Dari data yang di kumpulkan BPBD Barito Kuala, selain merusak 14 rumah, puting beliung juga merusak fasilitas umum, seperti sebuah sekolah dasar dan dermaga penyebrangan Ferry.

"Sementara data kita ada juga sebuah sekolah dan dermaga Ferry yang biasa digunakan warga untuk transportasi sungai," kata Sumarno.

Saat ini, BPBD Barito Kuala sudah menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak seperti bahan logistik dan terpal untuk penampungan sementara.

"Bantuan sudah. Sementara ada warga yang mengungsi ke rumah kerabat, ada juga yang bertahan di rumahnya menggunakan terpal," ucap Sumarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com