Komnas Perlindungan Anak: Kasus Bocah 5 Tahun Diperkosa dan Dibunuh Merupakan Kejadian Luar Biasa

Kompas.com - 01/10/2019, 16:00 WIB
Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait (kanan) berdialog dengan tersangka SR alias Yuyu di Mapolres Sukabumi Kota, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019). KOMPAS.COM/BUDIYANTOKetua Komnas PA Arist Merdeka Sirait (kanan) berdialog dengan tersangka SR alias Yuyu di Mapolres Sukabumi Kota, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (1/10/2019).

SUKABUMI, KOMPAS.com - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait  mengatakan, skandal inses, pemerkosaan, dan pembunuhan bocah lima tahun oleh ibu dan kakak angkat di Sukabumi, Jawa Barat, merupakan kejadian luar biasa.

"Peristiwa ini luar biasa. Secara pribadi lembaga belum pernah mendapatkan kasus seperti ini," ungkap Arist kepada wartawan setelah selesai menemui dan berdialog dengan tiga tersangka di Mapolres Sukabumi Kota, Selasa (1/10/2019).
Baca juga: Kisah di Balik Bocah 5 Tahun yang Diperkosa Kakak dan Dibunuh Ibu Angkat, Berpisah Sejak Usia 3 Tahun

Menurut Arist, peristiwa ini jangan dianggap sederhana, dan harus dijadikan sebagai momen untuk menggerakkan masyarakat khususnya di Sukabumi dan Jawa Barat bahkan di Indonesia dalam perlindungan anak.

Karena dalam kasus ini, ibunya itu yang justru bernisiasi mengajak anaknya untuk melakukan hubungan seksual.

Tentunya ada alasan yang melatarbelakanginya, yaitu karena hubungan dengan suaminya tidak intens.

"Ketika dia (tersangka SR) melakukan hubungan itu seperti dengan orang lain. Aksi hubungannya (ibu dengan anak kandung) ini sudah lebih sekali, pengakuannya sejak Agustus tahun ini," ujar Arist.

Suami tersangka bekerja secara serabutan dan jarang pulang. Setelah pulang ke rumah, suaminya tidur di ruang tamu.

Suam tersangka hanya memenuhi kebutuhan ekonomi meskipun tidak berlebihan.

"Pengaruh ekonomi memang ada. Namun yang dominan karena suaminya yang jarang  pulang. Suaminya hanya bertanggung jawab secara ekonomi saja, tapi tidak memenuhi kebutuhan biologis," ujar Arist.

Baca juga: Cerita Ibu Kandung dari Bocah 5 Tahun yang Diperkosa dan Dibunuh, Lama Berpisah, Bertemu Sudah Tak Bernyawa

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X