17 Warga di Cianjur Alami Keracunan Gas Klorin

Kompas.com - 01/10/2019, 06:37 WIB
Seorang korban keracunan gas klorin dari bak penampungan air di Cianjur, Jawa Barat dibawa ke IGD RSUD Sayang, Cianjur guna menjalani penanganan medis, Senin (30/09/2019) malam. IstimewaSeorang korban keracunan gas klorin dari bak penampungan air di Cianjur, Jawa Barat dibawa ke IGD RSUD Sayang, Cianjur guna menjalani penanganan medis, Senin (30/09/2019) malam.

CIANJUR, KOMPAS.com – Belasan warga Kampung Ciajag III, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, harus dilarikan ke klinik dan rumah sakit akibat keracunan udara.,

Peristiwa yang terjadi Senin (30/9/2019) pukul 2.00 WIB itu diduga akibat kebocoran tabung gas klorin dari bak penampungan air milik Perumdam Tirta Mukti Cianjur. 

Para korban mengalami gejala sesak nafas, tenggorokan kering, dan mata berair karena iritasi.

Baca juga: Penyakit Tak Kunjung Sembuh, Pria di Cianjur Nekat Bunuh Diri

“Sebelas orang dibawa ke rumah sakit dan ada enam orang mendapatkan perawatan di Klinik Assidiq Ciwalen,” tutur Ketua RW 005, Sugilar kepada wartawan, Senin malam.

Menurut Sugilar, warga dikagetkan dengan bau yang menyengat di lingkungannya. Setelah dicari sumbernya, ternyata berasal dari tabung gas klorin yang ada di bak penampungan air tersebut.

“Awalnya kejadiannya, saya tidak tahu persis. Apakah meledak itu tabung atau bocor. Tiba-tiba saja warga pada berhamburan ke luar karena merasa sesak nafas dan tercium bau menyengat,” kata dia.

Sugilar menyebutkan, peristiwa tersebut di saat warga sedang beristirahat sehingga banyak yang terdampak. Sementara, warga lainnya yang selamat berhasil menjauh ke lokasi dangkan yang berhasil 

“Karena memang jarak bak air itu dengan pemukiman warga dekat, jadi uapnya ke bawa angin ke pemukiman warga,” ucap dia.

Salah seorang korban, Fitri (28) mengaku, saat ia sedang beristirahat di dalam rumahnya tiba-tiba merasakan sesak nafas dan mata menjadi perih.

“Saya tidak sempat menjauh untuk menghindari udara yang terkontaminasi gas bocor itu. Yang kena ternyata bukan saya saja, yang juga banyak,” ujar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X