Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo di Makassar: Mahasiswa Tutup Jalan, Polisi Ajak Shalat Berjemaah

Kompas.com - 30/09/2019, 21:21 WIB
Himawan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Mahasiswa kembali menutup jalan saat menggelar aksi unjuk rasa terkait penolakan UU KPK dan sejumlah RUU bermasalah di depan gedung DPRD Sulawesi Selatan di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (30/9/2019).

Aksi dimulai sekitar pukul 10.00 Wita, dimana mahasiswa Universitas Negeri Makassar lebih dulu menduduki jalan depan kantor DPRD Sulsel tersebut. 

Lalu siang hingga sore hari berturut-turut mahasiswa dari Universitas Muslim Indonesia, Universitas Hasanuddin dan sejumlah kampus di Makassar turut bergabung. 

Berbeda dengan aksi unjuk rasa sebelumnya, hingga Magrib menjelang, tak ada chaos yang terjadi antara polisi dengan para pengunjuk rasa.

Baca juga: Demo di Gedung DPRD Jabar Ricuh, Massa Lempar Batu hingga Petasan

 

Mahasiswa hanya membakar ban dan duduk di kedua ruas jalan Urip Sumoharjo. 

Bahkan saat azan Maghrib berkumandang, seorang polisi bernama Jayadi lalu berteriak melalui speaker untuk mengajak mahasiswa salat magrib bersama. 

Jayadi memasuki kerumunan mahasiswa dan mengingatkan agar mahasiswa yang muslim tidak meninggalkan ibadah salat. 

"Mari kita sama-sama salat. Berwudu seadanya. Jangan sampai teman-teman meninggalkan salat," kata polisi tersebut. 

Dikawal 2.000 aparat

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo mengatakan bahwa sebanyak dua ribu aparat kepolisian yang mengawal aksi mahasiswa maupun warga yang disebar di beberapa titik di kota Makassar. 

Wahyu mengimbau para mahasiswa dan warga sipil yang berunjuk rasa untuk tetap melakukan aksi damai dan tidak merusak fasilitas umum. 

"Saya imbau mari kita jaga kota Makassar. Kota Makassar ini milik kita. Sampaikan aspirasi dengan baik kita kawal," kata Wahyu. 

"Jadi antara kami dengan rekan-rekan mahasiswa ayo kita jaga jangab mudaj terprovokasi. Salurkanlah dengan bijak tanpa harus mengorbankan masyarakat lain," pungkasnya. 

Baca juga: 14 Pelajar SMK Diamankan Saat Ikut Demo Mahasiswa, lalu Dipulangkan ke Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com