Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Mahasiswa FISIP Unila Meninggal Saat Ikut Diksar UKM Pecinta Alam

Kompas.com - 30/09/2019, 19:20 WIB
Tri Purna Jaya,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Seorang mahasiswa Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Lampung (Unila) meninggal dunia saat mengikuti pendidikan dasar (diksar) UKM Pecinta Lama Cakrawala di Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Minggu (29/9/2019) pagi.

Dari informasi yang dihimpun, mahasiswa jurusan Sosiologi bernama Aga Trias Tahta itu diketahui menjadi salah satu peserta Diksar UKM Cakrawala yang diadakan Rabu hingga Minggu (25-29/9/2019) kemarin.

Belum diketahui secara pasti penyebab kematian warga Pekon Wonodadi, Kabupeten Pringsewu, itu.

Baca juga: Mahasiswa Tewas Saat Diksar Menwa, Polisi Periksa Pihak UIN Palembang

 

Namun, diketahui Aga sempat terjatuh dan pingsan pada Sabtu (28/9/2019).

Oleh panitia, Aga sempat disiram menggunakan air agar sadar dan melanjutkan naik ke atas gunung menggunakan sepeda motor dan diinapkan di kamp untuk bermalam.

“Minggu pagi, Aga sudah meninggal dunia,” kata salah satu sepupu korban yang menolak namanya dipublikasikan.

Aga juga sempat dibawa ke RS Bumi Waras oleh panitia diksar sekitar pukul 10.00 WIB. Sekitar pukul 14.00 WIB, panitia menghubungi keluarga Aga, dan jenazah diantar ke rumah duka sekitar pukul 18.30 WIB.

Menurut pihak keluarga, Aga sempat minta izin untuk mengikuti demonstrasi selama dua hari di gedung DPRD Provinsi Lampung dan mengatakan akan ikut kegiatan diksar itu.

Tetapi keluarga tidak memberikan surat izin untuk mengikuti diksar tersebut.

Hingga kini, kasus ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Keluarga juga meminta tanggung jawab dari kampus dan UKM terkait peristiwa ini.

Saat dikonfirmasi, pengurus UKM Cakrawala, Shyntia Claudia mengatakan, pelaksanaan diksar tersebut sudah sesuai standar yang telah ditentukan sebelumnya. Diksar tersebut mencakup pelatihan mental dan fisik.

“Kegiatan fisik seperti push up. Kegiatan ini sudah sesuai standar diksar pecinta alam lainnya, tujuannya agar bisa menghadapi dan beradaptasi terhadap kondisi alam,” katanya.

Baca juga: Ikuti Diksar Menwa, Mahasiswa UIN Palembang Ditemukan Tewas

Shyntia mengatakan, ada 13 mahasiswa yang mengikuti diksar tersebut, 12 peserta adalah angkatan 2019 dan 1 orang peserta angkatan 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com