Mahasiwa Universitas Halu Oleo Kendari Tewas Tertembak, Karangan Bunga Kapolda Jatim Dikembalikan

Kompas.com - 30/09/2019, 17:02 WIB
Karangan bunga belasungkawa dari Kapolda Jawa Timur dan Kapolres Tuban yang kemudian dikembalikan oleh massa AMM Tuban sebagai bentuk protes pada Sabtu (28/9/2019) lalu. istimewaKarangan bunga belasungkawa dari Kapolda Jawa Timur dan Kapolres Tuban yang kemudian dikembalikan oleh massa AMM Tuban sebagai bentuk protes pada Sabtu (28/9/2019) lalu.

TUBAN, KOMPAS.com - Angkatan Muda Muhammadiyah ( AMM) Tuban, Jawa Timur, menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Tuban, Sabtu (28/9/2019).

Tidak sekadar berorasi mengutuk tindakan represif aparat kepolisian saat pengamanan aksi demontrasi mahasiswa di berbagai wilayah, mereka juga mengembalikan karangan bunga yang diberikan polisi kepada jajaran pengurus Muhammadiyah setempat.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan dan Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, mengirim karangan bunga belasungkawa atas meninggalnya Randi dan Yusuf Kardawi, mahasiwa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Karangan bunga belasungkawa yang ada di gedung dakwah Muhammadiyah Tuban itu kembalikan oleh massa AMM Tuban ke Mapolres Tuban sebagai bentuk protes.


Randi merupakan kader dari IMM Kendari.

"Aksi kemarin semuanya atas inisiatif kami sendiri. Sebab kami melihat dengan itulah (mengembalikan karangan bunga) simbol perlawanan kami dalam menegakkan keadilan," ujar salah seorang peserta aksi, Abdul Majid, saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/9/2019).

"Kami juga tidak menyangka jika aksi pengembalian karangan bunga sebagai tanda protes kami, jadi tren luas dan diikuti banyak AMM di kota lain. Sekarang, AMM Jatim hari ini juga sedang melakukan aksi dan akan melakukan hal serupa di Polda Jatim," kata Abdul menambahkan.

Baca juga: Kapolda Jatim Titip Karangan Bunga untuk 2 Mahasiswa yang Tewas di Kendari

Dalam pernyataan sikapnya, selain mengutuk aksi kekerasan yang dilakukan terhadap mahasiswa dan masyarakat, AMM Tuban juga meminta Presiden Joko Widodo (Jpokowi) memberikan respons akan tindakan anarkistis  yang terjadi saat demontrasi berlangsung.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X