Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Nenek yang Jual 3 Sendok untuk Makan Tak Pernah Terima Raskin, Ini Kata Kades

Kompas.com - 30/09/2019, 13:40 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Kisah Mbah Sadinah (75), warga Desa Kleco, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yang terpaksa menjual tiga buah sendok miliknya untuk beli beras, mengundang simpati masyarakat.

Mirisnya, Mbah Sadinah diketahui tidak pernah menerima bantuan beras atau pun terdaftar sebagai penerima BPJS.

Sementara itu, berdasar keterangan dari Kepala Desa Kleco Wandojo Purwanto, pihaknya sudah berkali-kali mengusulkan Mbah Sadinah sebagai penerima bantuan baik beras miskin maupun BPJS

“Kalau desa sudah berkali kali mengusulkan, tapi setiap keluar nama penerima bantuan dari pusat, nama Mbah Sadinah tidak pernah ada,” ujarnya, di Kantor Desa Kleco, Senin (30/9/2019).

Baca juga: Nenek yang Jual Sendok untuk Makan Tak Pernah Dapat Raskin dan Tak Punya BPJS

Hal tersebut pun membuat Wandojo kebingungan dan tak bisa berbuat apa-apa. Dia bahkan menceritakan, selain Mbah Sadinah masih ada 3 warga lainnya yang membutuhkan bantuan.

“Iya banyak yang menerima bantuan usianya lebih muda. Kami tidak bisa berbuat apa apa karena data penerima bantuan itu dari pusat,” tambahnya.

Rasa syukur Mbah Sadinah saat terima bantuan

Pada hari Minggu (29/9/2019, Mbah Sadinah tak bisa menyembunyikan perasaannya gembiranya saat menerima sendok yang telah dijualnya.

Pasalnya, saat itu dirinya juga menerima bantuan dari Paguyuban Wong Magetan. Bantuan yang diberikan saat itu berupa beras dan uang.

“Kita tersentuh masih ada warga yang kesulitan mencari makan, apalagi Mbah Sadinah sudah usia lanjut,” kata Candra, Ketua Paguyuban Wong Magetan.

Sementara itu, Mbah Sadinah mengaku berterima kasih dan berharap tidak lagi menjual sendok kesayangannya untuk sekadar membeli makanan.

“Saya tidak berani jual ke siapa-siapa, ke tetangga saja karena butuh uang buat beli beras untuk makan,” kata Mbah Sadinah saat ditemui, Minggu (29/9/2019).

Sumber: KOMPAS.com (Sukoco)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com