Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 3 Hari, Abdurahman Ditemukan Hanyut di Perairan Malaysia

Kompas.com - 28/09/2019, 18:22 WIB
Hadi Maulana,
Jessi Carina

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Abdurahaman (50), seorang nelayan asal Teluk Uma, Kabupaten di Karimun, Kepulauan Riau yang dilaporkan hilang saat melaut, akhirnya berhasil ditemukan.

Abdurahman ditemukan hanyut di perairan Malaysia oleh penjaga pantai Malaysia, Jumat (27/9/2019) petang kemarin.

Abdurrahman kemudian dijemput pada Sabtu (28/9/2019).

Kasie Operasional Badan Nasional Pertolongan dan Pencarian (BNPP) Kelas A Tanjung Pinang, Eko Supriyanto mengatakan begitu mendapatkan laporan hilangnya Abdurahman, pihaknya bersama Tim SAR langsung melakukan pencarian.

Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pihak Tim SAR Singapura dan Malaysia. Hingga akhirnya mendapatkan informasi dari pihak penjaga pantai Malaysia bahwa ada ditemukan satu orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang hanyut bersama kapal pompongnya dengan sejumlah jaring ikan.

Baca juga: Lindungi Nelayan Indonesia dari Perbudakan, Pemerintah Gandeng ILO

"Setelah kami pastikan, ternyata benar nelayan yang ditemukan hanyut oleh penjaga pantai Malaysia, adalah Abdurahman yang merupakan nelayan Teluk Uma, Kabupaten Karimun yang dilaporkan hilang," kata Eko melalui telepon, Sabtu (28/9/2019).

Dari pengakuan Abdurahman, dirinya hanyut karena kapal pompong miliknya mati mesin setelah dihempas gelombang tinggi.

Sementara ponsel yang dibawanya sudah habis baterai sehingga dirinya tidak bisa melakukan koordinasi atau memberitahukan atas posisi dirinya.

"Saat ini Abdurahman sudah berada di kediamannya dan berkumpul dengan keluarganya," jelas Eko.

Sebelumnya Abdurahman dilaporkan hilang oleh pihak keluarganya karena tidak kunjung pulang setelah berpamitan melaut untuk mencari ikan.

Abdurahman diketahui pergi melaut sejak, Selasa (24/9/2019) kemarin dan hingga Jumat (27/9/2019) kemarin tidak diketahui keberadaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com