Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pemilik Kios di Ilaga, Papua, Tewas Ditembak KKB

Kompas.com - 28/09/2019, 16:59 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Seorang pemilik kios di dekat Bandara Aminggaru, Kampung Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua tewas setelah ditembak kelompok kriminal bersenjata, pada Sabtu (28/9/2019) sekitar pukul 11.20 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, korban bernama Bapak Oyong atau Bapak Utri.

Diduga kuat korban ditembak oleh KKB pimpinan Lekakak Telenggen.

Hal ini berdasarkan keterangan masyarakat yang hendak berbelanja di kios tersebut.

Baca juga: Dua Tukang Ojek Tewas Ditembak KKB di Kabupaten Puncak Dievakuasi ke Timika

Menurut Ahmad, dari keterangan masyarakat disebutkan bahwa melihat adanya dua orang menggunakan celana pendek dengan ciri-ciri menggunakan penutup kepala hitam, tinggi sekitar 160 cm, dan berbadan kekar serta brewokan.

Satu diantara mereka menggunakan sepatu lumpur. Para pelaku kemudian mengeluarkan pistol dan menembak korban di bagian kepala.

"Mereka mengeluarkan pistol lalu mengarahkan kepada korban, serta melakukan penembakan yang mengenai kepala Korban hingga meninggal dunia," kata Kombes Kamal saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu sore.

Baca juga: 2 Tukang Ojek Tewas Ditembak KKB di Kabupaten Puncak, Papua

Setelah menembak korban, kedua pelaku lalu menyampaikan kepada masyarakat yang hendak berbelanja di kios bahwa mereka berdua adalah adik dari Lekakak Telenggen.

"Setelah itu kedua pelaku melarikan diri ke arah Kali Nakimo atas Bandara Ilaga," tuturnya.

Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Ilaga.

Sedangkan, aparat keamanan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang diduga melarikan diri ke arah Kali Nakimo atas Bandara Ilaga.

"Tindakan kepolisian yang dilakukan yakni menerima laporan, mendatangi TKP, Olah TKP, memeriksa saksi-saksi, melakukan pengejaran terhadap pelaku. Kasus ini telah ditangani Polsek Ilaga," pungkasnya.

Kompas TV Aksi penyanderaan yang mengakibatan tewasnya brigadir polisi anumerta Heidar yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata di Ilaga, kabupaten Puncak, Papua membuat bupati Puncak, Willem Wandik mengecam kejadian ini.<br /> <br /> Menurutnya, kejadian ini merupakan duka bagi seluruh warga Puncak. Langkah persuasif dan komunikasi terhadap kelompok bersenjata masih akan terus dilakukan pemerintah, polisi dan TNI pasca-penembakan terhadap almarhum Heidar. #KKB #HEIDAR #PuncakPapua
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com