Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Luncurkan KA Argo Parahyangan Excellence, Jakarta-Bandung 2 Jam 50 Menit

Kompas.com - 28/09/2019, 12:20 WIB
Reni Susanti,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Argo Parahyangan Excellence bertepatan dengan hari jadinya ke-74 di Bandung, Sabtu (28/9/2019).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, perbedaan paling mendasar dari kereta ini adalah waktu tempuhnya yang singkat.

“Sebelumnya rata-rata 3,5 jam, kini dengan KA Argo Parahyangan Excellence, cukup 2 jam 50 menit saja,” ujar Edi.

Kereta tersebut dijalankan mulai 1 Oktober 2019 dengan tarif Rp 150.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 110.000 untuk kelas premium. Ada dua perjalanan yang ditawarkan.

Baca juga: Kompas.com Raih Penghargaan dari PT KAI

Pertama, Bandung-Gambir berangkat pukul 04.30 WIB dan tiba 07.20 WIB dengan kapasitas penumpang 200 untuk eksekutif dan 320 untuk premium.

Kedua, Gambir-Bandung berangkat pukul 17.12 WIB dan tiba 20.02 dengan kapasitas penumpang 400 untuk kelas eksekutif.

"Kehadiran KA ini merupakan kado ulang tahun dari KAI untuk masyarakat yang ingin menuju Kota Bandung maupun Jakarta dengan waktu tempuh di bawah 3 jam,” ungkap dia.

Dengan adanya 2 KA Argo Parahyangan Excellence ini, total KAI mengoperasikan 34 Jadwal KA Argo Parahyangan. Jumlah ini meningkat tajam seiring dengan tingginya permintaan.

Sebelumnya, perjalanan KA Jakarta-Bandung hanya 8 KA dengan 16 trip. Kini, meningkat menjadi 17 KA dengan 34 trip.

Baca juga: HUT ke-74, PT KAI Resmi Luncurkan Kereta Istimewa

Selain itu, KAI menandatangani berbagai nota kesepahaman dengan beberapa instansi, seperti Perum Perumnas dan PT Pindad Enjiniring Indonesia, LEN, Kementerian ESDM, Pemprov Bali, Pemkab Nganjuk dan Pemkot Tegal, Grab, Gojek, dan berbagai instansi lainnya.

Kerja sama ini dilakukan untuk pengembangan stasiun, peningkatan keselamatan, layanan baru kereta barang, pengembangan SDM, pengembangan sarana, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com