Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tragis, Pria Jompo di Cianjur Tewas Terpanggang

Kompas.com - 28/09/2019, 09:17 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Nasib tragis dialami Hasan (80), asal Cianjur, Jawa Barat. Pria lanjut usia ini tewas terpanggang setelah rumahnya ludes dilalap api.

Peristiwa kebakaran yang meluluhlantakan rumah korban terjadi di Kampung Pangadegan Hilir, RT 001 RW 006, Desa/Kecamatan Pagelaran, Cianjur, Sabtu (28/9/2019) pukul 02.00 WIB.

Korban diduga tidak sempat menyelamatkan diri karena tubuhnya yang sudah renta. Saat ditemukan, jenazah korban dalam kondisi meringkuk di lantai rumah.

Baca juga: Limbah Karet di Sekitar Pabrik Terbakar, Warga Khawatir

“Karena rumah panggung (bambu), sehingga api dengan cepat membesar dan pemilik rumah atas nama bapak Hasan tidak bisa menyelamatkan diri dan meninggal dunia,” kata Paur Subbag Humas Polres Cianjur, Ipda Budi Setiayuda, dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Sabtu.

Budi menyebutkan, peristiwa kebakaran tersebut pertama kali diketahui cucu korban, Tetep (30).

“Kondisi warga saat itu sedang tidur karena kejadiannya dini hari. Saksi melihat kobaran api sudah membakar seluruh bangunan rumah korban,” tutur dia.

Warga pun kemudian berhamburan menuju lokasi kejadian untuk melakukan upaya pemadaman api dengan alat seadanya.

“Api bisa dipadamkan selang setengah jam. Namun, bangunan rumah sudah rata dengan tanah, dan saat dicek, pemilik rumah meninggal dunia, tubuhnya terbakar,” ucap dia.

Baca juga: 150 Kios Terbakar Saat Kerusuhan di Oksibil, Papua

Dugaan sementara, api berasal dari tungku perapian tradisional yang selama ini digunakan korban untuk memasak.

“Kemungkinan, masih ada api di dalam tungku, lalu merembet barang-barang yang ada di dapur, sehingga memicu nyala api hingga membakar seluruh bangunan rumah,” ujar dia.

Petugas kepolisian setempat telah mensterilkan lokasi kejadian dengan garis polisi dan menghimpun keterangan dari sejumlah saksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com