Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kayuh Sepeda Onthel Sejauh 276 Kilometer untuk Kembalikan Dompet, Afuk Dapat Hadiah

Kompas.com - 27/09/2019, 13:16 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com -  Tan le Hok alias Afuk (50), warga Purwopuran, Purwodiningratan, Jebres, Solo, Jawa Tengah, yang menempuh perjalanan 276 kilometer dari Solo ke Pasuruan, Jawa Timur dengan menaiki sepeda onthel mendapat tali asih dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (27/9/2019).

Bantuan berupa satu unit sepeda gunung, tabungan Rp 500.000, dan satu buah telepon genggam diserahkan oleh CEO PMI Kota Surakarta, Sumartono Hadinoto.

Menurut Sumartono, pemberian tali asih tersebut merupakan bentuk apresiasi PMI terhadap keikhlasan Afuk jauh-jauh dari Solo menaiki sepeda onthel ke Pasuruan, Jawa Timur untuk mengembalikan dompet berisi STNK dan KTP.

"Sedemikian ikhlasnya Pak Afuk naik sepeda mengembalikan STNK dan KTP ke Pasuruan. Semoga bisa menularkan keikhlasannya kepada taman-teman PMI Surakarta," katanya, Jumat.

Baca juga: Kisah Afuk, Kayuh Sepeda Onthel Sejauh 276 Kilometer untuk Kembalikan Dompet

Sumartono menilai, Afuk merupakan sosok yang menginspirasi semua orang. Afuk, lanjut Sumartono, juga tidak mau menerima imbalan bahkan diantarkan pulang setelah mengembalikan dompet kepada pemiliknya.

Seusai menerima tali asih, Afuk yang memakai kaos merah dan topi di kepala itu mengatakan semua yang dilakukannya tersebut tulus ikhlas untuk membantu.

"Apa yang saya lakukan itu tulus ikhlas lahir batin," kata dia.

Afuk menceritakan dompet berisi STNK, KTP dan stiker atas nama Bang Beng itu dia temukan di kawasan Kartasura, Sukoharjo.

Baca juga: Bakal Calon Wali Kota Solo Ini Naik Becak Saat Kembalikan Formulir

Saat itu, Afuk sedang dalam perjalanan pulang dari Yogyakarta ke Solo, pada Senin (9/9/2019) dini hari.

Sebelum mengantarkan dompet ke Pasuruan, Afuk mengaku sempat menghubungi nomor telepon yang tertera di stiker itu.

Afuk juga mengunggah foto KTP dan STNK ke akun media sosial miliknya. Namun, tetap tidak ada respons.

"KTP dan STNK saya foto, terus tak masukan ke Facebook. Kalau ada yang merasa kehilangan bisa menghubungi kontak telepon saya. Tapi tidak ada kabarnya juga," kata Afuk 

Karena tak ada kabar, Afuk pun memutuskan mengembalikan sendiri dompet kepada pemiliknya di Pasuruan menaiki sepeda onthelnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com