Gempa Ambon, 5 Warga Tewas, Belasan Lainnya Terluka

Kompas.com - 26/09/2019, 12:44 WIB
Gempa magnitudo 6,8 di Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019). dok. BNPBGempa magnitudo 6,8 di Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019).

AMBON,KOMPAS.com-Lima warga di Pulau Ambon meninggal dunia setelah gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Kamis (26/9/2019).

Berdasarkan data sementara yang diterima Kompas.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, dua warga dinyatakan tewas setelah tertimbun reruntuhan bangunan di kampus IAIN Ambon. Keduanya yakni Narti Rumain dan Haji Kebo.

Adapun tiga warga lainnya yang juga dinyatakan tewas yakni Frans Masi, warga Nania, Kecamatan Baguala Ambon yang tewas karena tertimpa tanah longsor.

Baca juga: Satu Dosen di Ambon Meninggal karena Gempa Magnitudo 6,8

Sedangkan dua warga lainnya yang merupakan pasangan suami istri yakni Hamid dan Aisya tewas setelah tertimpa reruntuhan bebatuan.

"Untuk korban luka-luka data sementara itu ada empat, mereka terluka akibat tertimpa reruntuhan,"kata Kepala BPBD Maluku Farida Salampessy kepada Kompas.com, Kamis siang.

Adapun keempat warga yang terluka akibat gempa tersebut yakni Djamila Lasaiba, Gamar Assagaff, dan dua warga lainnya yang belum teridentifikasi.

"Korban luka saat ini telah dibawa ke rumah sakit,"ujarnya.

Baca juga: Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Kembali ke Rumah Pascagempa Ambon

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com sampai siang ini ada belasan warga yang dinyatakan terluka akibat gempa tersebut.

Gempa 6,8 magnitudo mengguncang Pulau Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat  sekitar pukul 08.46 WIT. 

Adapun lokasi gempa berada pada titik koordinat 3.38 Lintang Selatan,128.43 Bujur Timur atau berjarak 40 km Timur Laut Ambon-Maluku dengan kedalaman 10 kilometer. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X