Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Bandung-Cilacap Telan Biaya Rp 120 T, Jasa Marga Pemilik Konsorsium

Kompas.com - 25/09/2019, 17:06 WIB
Dendi Ramdhani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

 

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah lama tak terdengar kabarnya, rencana pembangunan proyek tol jalur selatan Jawa Barat, Bandung-Cilacap, kembali dibahas.

Pemprov Jawa Barat kembali melakukan pembahasan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Rabu (25/9/2019).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Tol Bandung-Cilacap akan terbagi dalam dua segmen pengerjaan.

Segmen I sepanjang 90 km akan dimulai dari Gedebage (Kota Bandung)-Kabupaten Bandung-Garut-Tasikmalaya. Anggran tahap I mencapai Rp 60 triliun termasuk pembebasan lahan.

Sementara tahap II sepanjang 120 km menghubungkan wilayah Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran-Cilacap dengan perkiraan biaya mencapai Rp 60 triliun.

"Semua sudah diputuskan, pemilik konsorsiumnya adalah PT Jasa Marga. Jasa Marga yang akan mengelola. Rapat hari ini memastikan trase tak boleh berubah-ubah lagi. Doakan lancar," ujar Emil, sapaan akrabnya, saat ditemui seusai rapat.

Dalam rapat yang dihadiri sejumlah kepala daerah itu, Emil menekankan soal kesepakatan trase.

Ia menjelaskan, diskusi soal trase berjalan cukup lancar meski ada sejumlah usulan dari para kepala daerah.

"Ini kenapa Pak Bupati datang supaya exit-nya di titik A atau B sudah jangan berubah-ubah lagi karena ngurus pembebasan tanah dan tidak mudah," kata dia.

Adapun soal penetapan lokasi (penlok), Emil mengatakan, pihaknya tak akan memberi keputusan sebelum ada kesepakatan dari seluruh pihak.

"Saya enggak mau diputuskan sebelum ada kesepakatan. Tapi secara umum 90 persen semua mengarah ke hal positif, jadi kita kita kebut. Insya Allah di waktunya tiba tidak ada lagi kemacetan Lebaran," ujar mantan wali kota Bandung ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com