Ridwan Kamil Sebut 3 Kabupaten di Jabar Belum Layak Anak

Kompas.com - 24/09/2019, 14:22 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bermain permainan tradisional bersama Kak Seto dan anak-anak SD di Gedung Sate Bandung, Selasa (24/9/2019). KOMPAS.com/RENI SUSANTIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bermain permainan tradisional bersama Kak Seto dan anak-anak SD di Gedung Sate Bandung, Selasa (24/9/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sebanyak 24 dari 27 kota/kabupaten di Jabar sudah memenuhi kriteria layak anak. Sisanya, tiga kabupaten lagi sedang mengejar ke arah layak anak.

“Tinggal tiga, Purwakarta, Pangandaran, dan Indramayu. Insya Allah setahun ke depan ada perubahan. 100 persen jadi kota/kabupaten layak anak,” ujar Ridwan usai menghadiri Gerakan Nasional #JamMainKita di Gedung Sate Bandung, Selasa (24/9/2019).

Baca juga: Soal UU KPK, Ridwan Kamil Harap Pemerintah Pusat Dengarkan Aspirasi Masyarakat

Pria yang biasa disapa Emil ini mengatakan, ada 24 kriteria yang harus dipenuhi kota/kabupaten untuk menjadi layak anak.

Ketiga daerah tersebut masih kurang dalam hal fasilitas publik.

Misalnya puskesmas layak anak, kantor layak anak, dan lainnya. Untuk itu, pihaknya sedang melakukan pembimbingan agar bisa memenuhi 24 kriteria tadi.

“Fasilitas publiknya belum dikonsepkan, sedang dibimbing. Tugas gubernur dan provinsi, saya yakin dalam waktu dekat berhasil,” ucap dia.

Emil mengatakan, anak-anak harus dibahagiakan. Sebab anak yang bahagia di masa kecil, cenderung memiliki sifat membahagiakan orang lain di masa depannya.

Jadi, membuat anak bahagia di masa kecil merupakan investasi untuk membuat mereka menjadi agen pembawa kebahagiaan di masa depan.

“Makanya jangan membuat anak sedih, apalagi stres, dan depresi,” ujar Emil.

Untuk membuat anak selalu bahagia, pihaknya bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) mengampanyekan permainan tradisional.

Dari penelitian yang dilakukan Yayasan Hong, di Jabar ada lebih dari 400 permainan tradisional sunda. Seperti boy-boyan, sondlah, hingga galah asin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X