Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tembakkan Gas Air Mata, Pukul Mundur Mahasiswa Demo di Depan Gedung DPRD Sulsel

Kompas.com - 24/09/2019, 13:49 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - Ribuan mahasiswa yang berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Sulawesi Selatan di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (24/9/2019) dipukul mundur oleh polisi saat hendak menerobos pintu masuk gedung DPRD tersebut.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, peristiwa bermula ketika ratusan mahasiswa yang baru tiba di depan gedung DPRD hendak memasuki kantor DPRD Sulsel.

Polisi yang berjaga di lokasi tiba-tiba menghalangi aksi mahasiswa tersebut dengan menggunakan mobil pengurai massa.

Baca juga: Unjuk Rasa dan Demo, Mahasiswa Bali Akan Gelar Aksi #BaliTidakDiam

Mahasiswa yang kecewa kemudian melempar batu. Polisi lalu membalas dengan menyiram semprotan air dari mobil pengurai massa dan menembakkan gas air mata

Para mahasiswa lainnya yang sejak awal berorasi di depan gedung DPRD Sulsel lalu berhamburan. Beberapa mahasiswa meringis lantaran terkena dampak dari gas air mata. 

"Tadi ada sebagian mahasiswa yang terprovokasi lalu melempar. Itu yang kami sayangkan," ujar salah seorang mahasiswa dari UIN. 

Baca juga: Demo, Ribuan Mahasiswa Geruduk Kantor Gubernur Kalsel

Mahasiswa yang memilih lari lalu berhamburan menyusuri jalan A.P. Pettarani, Jalan Urip Sumoharjo, hingga Jalan Tol, Kecamatan Panakukang, Makassar. Aksi lempar batu mahasiswa dibalas dengan tembakan peringatan dan gas air mata dari polisi. 

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dari aksi bentrokan ini. Namun, kini di depan Gedung DPRD Sulawesi Selatan mahasiswa sudah mulai terlihat berpencar. 

Namun, satu mobil polisi juga rusak akibat bentrokan ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com