Mahasiswa dari Semarang Tertahan 6 Jam di Brebes akibat Bus Ditilang

Kompas.com - 24/09/2019, 10:51 WIB
Rombongan mahasiswa dari Undip dan Unnes Semarang berjalan kaki berpindah menuju bus baru di depan Mapolres Brebes, Selasa (24/9/2019) KOMPAS.com/Tresno setiadiRombongan mahasiswa dari Undip dan Unnes Semarang berjalan kaki berpindah menuju bus baru di depan Mapolres Brebes, Selasa (24/9/2019)

TEGAL, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa asal Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, tertahan selama 6 jam di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (24/9/2019).

Ratusan mahasiswa tersebut rencananya akan mengikuti aksi damai dan unjuk rasa di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Informasi yang diterima Kompas.com, mereka berangkat dari Semarang pada Senin (23/9/2019) sekitar pukul 23.00 WIB.

Mahasiswa menumpang lima bus pariwisata.

Namun, di tengah perjalanan, bus yang mereka tumpangi dihentikan oleh polisi dari Polres Brebes pada Selasa (24/9/2019) sekitar pukul 03.30 WIB.

Baca juga: Mahasiswa 12 Perguruan Tinggi di Jabar Merapat ke Senayan untuk Berunjuk Rasa

Tidak lengkapnya surat-surat kendaraan satu dari lima bus itu menjadi alasan polisi membawa rombongan mahasiswa ke depan Mapolres Brebes.

Menurut salah satu mahasiswa, Mahendra, saat melintasi Tol Pejagan-Pemalang, pada sekitar pukul 03.30 WIB, bus dihentikan anggota Satuan Lalu Lintas Polres Brebes untuk pemeriksaan surat-surat kendaraan.

Satu dari lima sopir bus tidak bisa menunjukkan surat kendaraan yang lengkap.

"250 mahasiswa pakai 5 bus. Tujuan Senayan, gelar aksi damai. Dihentikan sementara karena satu bus surat tidak lengkap. Kami menunggu bus pengganti," kata Mahendra, saat ditemui di lokasi.

Mahendra didampingi Iza, mahasiswa lain, mengatakan, tujuan ke Jakarta untuk melakulan aksi damai demo, bergabung dengan mahasiswa lain dari berbagai daerah.

"Mau menyampaikan aksi menyuarakan keprihatinan kita atas kondisi negara ini. Ini bentuk komitmen kita bersama terkait revisi UU KPK, KUHP, kejadian karhutla, dan lainnya," kata dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X