Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Lengkap Hoaks Perampokan BRI Aceh yang Jadi Viral

Kompas.com - 23/09/2019, 11:29 WIB
Masriadi ,
Khairina

Tim Redaksi


ACEH TIMUR, KOMPAS.com – Video tentang perampokan Bank BRI di Lhok Nibong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, tiba-tiba viral di media sosial Instagram dan Facebook, Minggu (22/9/2019).

Dua akun yang mengunggah video tersebut yakni @seputaraceh dan Anisah Anisa mendapat respon publik. Bahkan, ditonton ribuan kali oleh warganet.

Video itu menunjukkan seakan peristiwa tersebut terjadi kemarin. Padahal, peristiwa itu terjadi pada 19 Oktober 2010 silam.

Saat itu, empat pelaku datang menggunakan satu senjata api jenis AK 47 ke bank tersebut.


Baca juga: Hoaks, Perampokan Bank BRI Aceh Timur yang Viral di Medsos

Mereka datang menodongkan senjata dan mengambil uang dari teller bank tersebut sebesar Rp 20 juta. Setelah itu mereka kabur.

Dua petugas jaga dari Polsek Pante Bidari, kala itu, Briptu Yudi dan Briptu Hadi, menembak dua pelaku hingga tewas.

Keduanya diketahui bernama Tarmizi (32) asal Desa Keutapang, Kecamatan Syamtalira Arun, Kabupaten Aceh Utara. Satu lainnya tidak diketahui identitasnya.

Sedangkan dua pelaku lainnya berhasil melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor Mio tanpa diketahui nomor polisi.

Video yang diunggah sekitar pukul 16.00 WIB itu sontak mengejutkan masyarakat Aceh. Namun, Senin (23/9/2019) ini, kedua akun media sosial tersebut telah menghapus video itu.

“Saya pastikan video itu peristiwa tahun 2010. Sangat ramai masyarakat yang bertanya ke jajaran Polres Aceh Timur tentang kebenaran video tersebut,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Edo Widiantoro dalam keterangannya.

Baca juga: Termakan Hoaks, Ribuan Masyarakat Yahukimo Gelar Demo

Dia menyebutkan, video itu diunggah tanpa menyebut tanggal kejadian. Hanya ditulis dengan keterangan-perampokan bank BRI Lhok Nibong-sehingga warganet mengira peristiwa itu baru saja terjadi di Aceh Timur.

Eko berharap, warganet cerdas menyikapi peredaran informasi di media sosial.

“Sehingga kita buat pernyataan resmi tentang hoaks itu. Viral ditonton ribuan kali oleh netizen, namun itu peristiwa lama. Saya ajak seluruh masyarakat menyaring informasi apakah benar atau tidak sebelum menyebarkannya di media sosial,” katanya.

Jika tidak, maka warga akan panik dan menyangka kondisi keamanan di Aceh Timur tidak kondusif.

“Aceh Timur saya pastikan aman. Jangan terpancing dengan video yang beredar itu. Kasus lama yang di-upload ulang itu. Saya harap hal ini tidak terjadi lagi,” katanya.

Sebelumnya warga net dihebohkan dengan video yang diunggah tentang perampokan Bank BRI di Aceh Timur. Video viral di media sosial Instagram dan Facebook itu ditonton ribuan kali. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com