Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh Bangun Petugas Padamkan Kebakaran Gunung Slamet, Tulang Retak hingga Kena Hipoksia

Kompas.com - 21/09/2019, 16:45 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

BANYUMAS, KOMPAS.com - Sejumlah relawan dari tim gabungan karhutla dilarikan ke rumah sakit saat sedang melakukan pemadaman di hutan lereng Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, tiga relawan yang diberangkatkan dari Posko Kaligua, Kabupaten Brebes, mengalami hipoksia atau kondisi kurangnya pasokan oksigen ke tubuh, Jumat (20/9/2019).

Ketiga relawan dijemput tim evakuasi untuk mendapatkan penanganan medis.

Selain itu, seorang relawan atas nama Harianto Setiadi dari Linmas Inti Banyumas yang diberangkatkan dari Posko Baturraden, Kabupaten Banyumas juga dilaporkan mengalami insiden.

Korban dilaporkan tergelincir saat berada di kawasan hutan, Sabtu (21/9/2019), sehingga menyebabkan tulang kakinya retak.

Baca juga: Kebakaran Hutan Lereng Selatan Gunung Slamet Terus Meluas

Komandan Kodim 0701/Banyumas sekaligus Komandan Operasi Lapangan Penanganan Karhutla Letkol Inf Chandra mengatakan, seluruh relawan yang mengalami cedera telah mendapatkan penanganan medis.

"Ada yang sesak napas, tetapi sudah turun, tidak jadi masalah. Relawan yang terpeleset juga sudah bisa dievakuasi, kondisinya masih stabil," kata Chandra di Posko Karhutla di Baturraden, Kabupaten Banyumas, Sabtu (21/9/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com