Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Udara Pontianak Berbahaya, International Dragon Boat Ditunda

Kompas.com - 21/09/2019, 15:16 WIB
Hendra Cipta,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih menyelimuti Pontianak, Kalimantan Barat, membuat acara Pontianak Internasional Dragon Boat yang akan digelar Minggu (22/9/2019) di Sungai Kapuas, Pontianak, ditunda.

"Saya menginstruksikan kepada pihak panitia kegiatan Pontianak International Dragon Boat untuk menunda kegiatan tersebut," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Sabtu (21/9/2019).

Baca juga: Gara-gara Kabut Asap, 3 Hari Penerbangan Batam-Pontianak Dibatalkan

Menurut dia, tidak hanya Pontianak International Dragon Boat (PIDB) yang ditunda, tetapi seluruh kegiatan olahraga ataupun kegiatan outdoor, yaitu Khatulistiwa Run yang juga akan digelar Minggu besok.

Seluruh penundaan ini akan dibatalkan hingga kondisi udara di Kota Pontianak kembali normal.

"Seluruh kegiatan olahraga saya minta ditunda karena kondisi udara semakin memburuk bahkan masuk kategori berbahaya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pontianak Internasional Dragon Boat yang berlangsung 20-22 Sepetember 2019 diikuti lima negara dan tim beberapa provinsi dan kabupaten.

Lima negara terlibat dengan total 98 atlet yakni dari Malaysia sebanyak 24 atlet, Filipina 22 atlet, Brunei Darussalam 22 atlet, Australia 55 atlet, dan China 15 atlet.

Tim Indonesia dari  Sulsel, Jateng, Kalsel, Kalteng, dan Kalbar, sedangkan kabupaten di Kalbar yang terlibat ada enam kabupaten dengan total 228 atlet.

Baca juga: Udara Sangat Tidak Sehat, Libur Sekolah di Pontianak Diperpanjang hingga Selasa

 

Kabupaten yang terlibat yakni Sambas, Bengkayang, Mempawah, Landak, Kubu Raya, dan Kota Pontianak.

Berdasarkan pengolahan data Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Sabtu (21/9/2019, terpantau 196 titik panas di Kalbar.

Kemudian, berdasarkan Informasi Konsentrasi Partikulat (PM10) yang dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pontianak, yang terpantau Sabtu pukul 13.59 WIB, kualitas udara jauh melampaui nilai ambang batas (NAB), yakni 234 µgram/m3, yang artinya masuk kategori sangat tidak sehat.

Sebagaimana diketahui, nilai ambang batas (NAB) adalah batas konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan berada dalam udara ambien. Nilai ambang PM10 = 150 µgram/m3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com