Lahan Gambut Bekas Karhutla di Kalbar Bakal Ditanami Ubi Kayu dan Nanas

Kompas.com - 21/09/2019, 12:03 WIB
Menghentikan rambatan api karhutla nyatanya bukan hanya dilakoni para pemadam profesional dan relawan, melainkan juga warga setempat. BBC News IndonesiaMenghentikan rambatan api karhutla nyatanya bukan hanya dilakoni para pemadam profesional dan relawan, melainkan juga warga setempat.

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kalimantan Barat Heronimus Hero mengatakan, pihaknya telah memetakan, sedikitnya 182 desa di Kalbar berada di kawasan gambut dan rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Untuk mencegah karhutla, mereka akan memberikan program-program sesuai dengan kebutuhan seperti penanaman ubi kayu dan nanas di lahan gambut.

Menurut dia, pada umumnya, lahan pertanian yang terbakar merupakan lahan yang tidak produktif. Oleh karena itu, lahan harus dibuat produktif salah satunya dengan ditanami.

"Selain itu juga, kami pasti akan melakukan pembinaan terus, lewat penyuluh, supaya semakin mengubah pola pikir masyarakat ke pertanian menetap," kata Hero, Jumat (20/9/2019).

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat seperti menjadi rutinitas tahunan. Oleh karena itu, penting dibuat kebijakan terobosan dari seluruh sektor untuk melakukan penanggulangan seperti pada lahan pertanian pangan.

Baca juga: Polda Riau Sudah Tetapkan 53 Tersangka Karhutla

Hero menilai, lahan pertanian pangan di Kalbar yang terbakar di tahun ini tidak besar.

Dia mengatakan salah satu penyebab adanya kebakaran di lahan pertanian adalah masih minimnya saluran air mikro, seperti parit-parit kecil.

"Itu penting sekali untuk menjaga tanah agar tetap basah. Maka dari itu, fokus ke depan adalah bagaimana membuat parit-parit di sawah, yang jadi wadah mendukung pertanian," ucapnya.

Luncurkan aplikasi Go Farm

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kalbar saat ini tengah mempersiapkan aplikasi berbasis android bernama Go Farm.

Salah satu fungsi aplikasi itu adalah akan menerima usulan dari masyarakat petani yang berkaitan dengan kebutuhan mereka.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X