Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dongkrak Kunjungan Wisata, Pemda Jabar Dukung Forestra 2019

Kompas.com - 21/09/2019, 10:49 WIB
Kurniasih Budi

Editor

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung Forestra 2019 untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Bandung Barat.

Acara itu bakal diselenggarakan di Orchid Forest, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada 28 September 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik optimistis pertunjukan orkestra di ruang terbuka itu akan mendongkrak kembali kunjungan wisata ke Bandung Barat.

Sebelumnya, kedatangan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat sempat turun karena aktivitas erupsi Gunung Tangkuban Parahu meningkat.

Baca juga: Gunung Tangkuban Perahu Kembali Meletus, Tinggi Kolom Abu 100 Meter

"Kami perlu terus memelihara destinasi supaya aman nyaman bagi wisatawan. Maka dari itu, Forestra ini bagian dari tujuan itu. Kami akan dukung program Kemenpar karena ini bisa berpengaruh positif untuk Jawa Barat,” kata Dedi dalam pernyataan tertulis, Sabtu (21/9/2019).

Gelaran itu bakal melibatkan Erwin Gutawa dan Jay Subiakto. Selain itu, sejumlah musisi yang bakal tampil yakni Isyana Sarasvati, Once Mekel, Teza Sumendra, Mondro Gascaro, Kelompok Penerbang Roket, Maliq & D’Essentials, Float, Adhitia Sofyan, dan Club Dangdut Racun.

Selain bisa menikmati sajian musik berkualitas, pengunjung bakal dimanjakan keindahan 157 jenis anggrek lokal dan luar negeri, yang terhampar di area wisata seluas 12 hektar itu.

Ada juga jalur khusus bagi wisatawan menuju lokasi jembatan gantung yang panjang atau zona Rabbit Forest dengan koleksi bunga Raflesia Arnoldi.

Pariwisata kembali bergairah

Pemerintah Jawa Barat, kata Dedi, telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengantisipasi paparan abu vulkanik dan status Gunung Tangkuban Parahu.

"Kami juga sudah koordinasi dengan instansi terkait seperti BMKG, PVMBG. Mereka menyatakan bahwa ada radius yang statusnya bahaya. Nah, acara ini diselenggarakan di luar radius itu. Jadi, aman dan nyaman untuk penonton,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengklaim Forestra 2019 merupakan paket wisata menarik. Acara ini diselenggarakan sebagai penegas pulihnya pariwisata di Lembang.

“Forestra 2019 juga menjadi rangkaian penanda pulihnya pariwisata Lembang. Kawasan ini harus dikunjungi karena keindahannya. Udara di Lembang juga tetap segar,” kata Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com