Polisi Buru Pembuat Ijazah Palsu Milik Anggota DPRD Probolinggo

Kompas.com - 20/09/2019, 19:30 WIB
Kasatreskrim Polres Probolinggo yang baru Rizki Santoso. KOMPAS.com/A. FaisolKasatreskrim Polres Probolinggo yang baru Rizki Santoso.


PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kasus dugaan ijazah palsu anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Gerindra Abdul Kadir, terus berlanjut. Polisi memburu siapa pemalsu ijazah milik Kadir.

Kasatreskrim Polres Probolinggo AKP Rizki Santoso mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada pemalsu ijazah, apakah pelakunya dari internal atau eksternal Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo.

Secara material, lanjutnya, ijazah milik Kadir terlihat asli.

Baca juga: Kasus Dugaan Ijazah Palsu Caleg Probolinggo, Polisi Periksa Ketua DPC Gerindra

Pihaknya melakukan pendalaman lagi, apakah dipalsu oleh orang di luar instansi ataukah ada keterkaitan oleh oknum di dalam instansi.

"Saat ini kami belum dapat menjawab siapa pemalsunya, karena itu harus dibuktikan dengan fakta-fakta yang sesungguhnya. Jadi nanti kami akan mendalami dulu. Nanti kalau memang sudah ada hasilnya, baru kami sampaikan," ujarnya Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke dinas pendidikan, baik itu di Kabupaten Probolinggo maupun di provinsi.

"Memang untuk nomor ujian Paket C saudara Abdul Kadir tidak terdaftar. Kami sedang menunggu dokumentasi atau administrasi dari dinas tersebut untuk menjadi barang bukti bahwa memang saudara Abdul Kadir ini ijazahnya diduga palsu," ujarnya.

Bahkan, bila diperlukan, ijazah milik Kadir akan dibawa ke laboratorium forensik untuk memastikan asli tidaknya.

"Kasus perkara dugaan ijazah palsu yang diduga dilakukan oleh Abdul Kadir sudah kami pelajari dan terus didalami," kata Rizki yang baru seminggu bertugas di Polres Probolinggo ini.

Baca juga: Polisi Duga Kuat Ijazah Caleg Gerindra Terpilih Ini Palsu

Diberitakan sebelumnya, kasus dugaan ijazah palsu yang melibatkan anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Partai Gerindra Abdul Kadir, menyeret Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Probolinggo Jon Junaidi.

Sebelumnya, sejumlah pihak sudah diperiksa polisi. Kali ini, Jon Junaidi diperiksa polisi dalam kasus ijazah palsu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X