Kisah Pemuda yang Menembus Pedalaman, Membantu Disabilitas lewat Media Sosial

Kompas.com - 20/09/2019, 17:07 WIB
Seorang pemuda di Manggarai Timur, Flores, NTT, Pankrasius Purnama (29) memgunjungi penyandang disabilitas di pedalaman Manggarai Timur dengan motor pinjaman dari temannya. Pemuda bermodalkan hati nurani dan nekatnya menolong sesama yang menderita fisik dan mental, Jumat, (20/9/2019). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR) KOMPAS.com/MARKUS MAKURSeorang pemuda di Manggarai Timur, Flores, NTT, Pankrasius Purnama (29) memgunjungi penyandang disabilitas di pedalaman Manggarai Timur dengan motor pinjaman dari temannya. Pemuda bermodalkan hati nurani dan nekatnya menolong sesama yang menderita fisik dan mental, Jumat, (20/9/2019). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)


BORONG, KOMPAS.com - Pankrasius Purnama, (29), yang disering disapa Engkos oleh rekan-rekannya menyeberangi sungai besar dengan sebuah motor pinjaman dari temannya.

Kegiatan yang dilakukan Engkos tersebut bukan untuk bersenang-senang.

Upayanya menembus pedalaman Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur ( NTT), demi melihat dan merawat penyandang disabilitas yang lumpuh.

Engkos juga melayani dan mendata satu per satu warga yang mengalami disabilitas sejak bayi, hingga warga lanjut usia yang membutuhkan pertolongan.

"Saya sudah pergi ke pelosok Kecamatan Poco Ranaka untuk mengunjungi penderita disabilitas, sekaligus mendata dengan menyewa sepeda motor teman. Saya modal nekat dengan semangat kemanusiaan demi menyelamatkan sesama yang belum diperhatikan selama ini,"kata Engkos kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2019).

Engkos mengaku tergugah hatinya saat melihat unggahan seorang teman di Facebook, tentang seorang penderita disabilitas di sekitar Pasar Borong, dengan kondisi yang memprihatinkan.

Mulai saat itu, Engkos semakin sering mengunjungi warga disabilitas dan mengunggah cerita mereka di akun Facebook miliknya.

Hal itu dilakukan agar orang lain yang memiliki kecukupan secara ekonomi dapat tergugah hatinya untuk menolong sesama.

Upaya yang dilakukan Engkos itupun berdampak pada warga disabilitas tersebut.

"Seperti kursi roda dan kebutuhan lainnya," kata Engkos.

Engkos sebenarnya sudah sejak tahun lalu terpanggil untuk melayani sesama saudara penyandang disabilitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X