Fakta Video Viral 3 Polisi Tembakan Senpi di Acara Adat Lampung, Tak Ada Petasan hingga Diperiksa Propam

Kompas.com - 20/09/2019, 05:50 WIB
Video acara adat Lampung (Begawi) di Lampung Utara menjadi viral karena menggunakan senjata api. Diduga, senjata api tersebut adalah senjata api organik milik Polri. (Foto tangkap/Instagram) KOMPAS.com/TRI PURNA JAYAVideo acara adat Lampung (Begawi) di Lampung Utara menjadi viral karena menggunakan senjata api. Diduga, senjata api tersebut adalah senjata api organik milik Polri. (Foto tangkap/Instagram)

KOMPAS. com - Sebuah video yang diunggah akun Instagram @seputar_lampung menjadi viral, lantaran acara adat Lampung (Begawi) yang lazimnya dimeriahkan bunyi-bunyian menggunakan petasan atau mercon, justru menggunakan senjata lasar panjang dan pendek, diduga milik polisi.

Video yang berdurasi 48 detik tersebut berjudul “Prosesi Begawi di Kotabumi, Lampung Utara, Diwarnai Tembakan ke Udara” telah ditonton sebanyak 29.801 kali.

Tampak terlihat seorang pria memakai jaket sweater berponco warna abu-abu menembakkan senjata laras panjang ke udara.

Tak lama berselang, seorang menggunakan jas hitam dan kopiah adat menembakkan senjata laras pendek sebanyak lima kali ke udara.

Kemudian, seseorang memakai batik merah dan berkopiah juga menembakkan senjata laras pendek sebanyak tiga kali ke udara.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwami Pandad Arsyad membenarkan bahwa tiga senjata yang ditembakkan di udara dalam video itu adalah senjata dinas Polri.

Ketiga oknum polisi itu adalah Bharatu AI, Bripka MF, dan Briptu OK. Ketiga oknum ini adalah bagian dari keluarga yang melaksanakan adat begawi tersebut.

Sambungnya, polisi dalam video tersebut diperiksa oleh anggota Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Lampung.

Berikut ini fakta selengkapnya:

1. Viral di media sosial

Ilustrasi media sosialdiego_cervo Ilustrasi media sosial

Tiga orang pria menembakan senjata api (senpi) ke udara di prosesi Begawi, viral di media sosial, diduga senpi yang digunakan itu adalah senpi organik milik polisi, video viral tersebut diunggah akun Instagram @seputar_lampung.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X