Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan Mercon dengan Senjata Api pada Acara Adat, 3 Polisi Diperiksa Propam

Kompas.com - 19/09/2019, 12:40 WIB
Tri Purna Jaya,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Tiga jenis senjata api yang ditembakkan ke udara dalam acara adat begawi di Lampung Utara adalah senjata dinas milik Polri.

Ketiga oknum polisi yang menggunakan senjata itu sedang dimintai keterangan di Bidpropam Polda Lampung.

Dari informasi yang dihimpun, ketiga senjata itu adalah satu senjata laras panjang jenis senapan serbu Steyr AUG, dan dua senjata laras pendek jenis Glock.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad membenarkan bahwa ketiga senjata api yang ada dalam video yang viral itu adalah senjata dinas Polri.

Baca juga: Video Viral Acara Adat di Lampung Gunakan Senjata Api, Ini Penjelasan Polisi

 

Ketiga oknum yang menembakkan senjata adalah Bharatu AI, Bripka MF, dan Briptu OK.

Menurutnya, kegiatan tersebut masih dalam penyelidikan oleh Bidpropam Polda Lampung karena tidak memiliki ijin kegiatan ataupun permintaan bantuan dari personel kepolisian.

“Ketiga oknum dan senjatanya masing-masing sudah diamankan di Bidpropam Polda Lampung,” katanya, Kamis (19/9/2019).

Aksi ini terjadi karena inisiatif ketiga oknum tersebut yang merupakan anggota keluarga yang melangsungkan acara adat tersebut.

Biasanya, kata Zahwani, pada sesi acara turun mandi dimeriahkan dengan bunyi-bunyian letusan seperti mercon atapun petasan. Namun, pada hari itu, panitia acara kehabisan petasan atau mercon.

“Tiga oknum ini bagian dari keluarga yang melangsungkan acara. Ketiganya lalu berinisiatif menggunakan senjata api, untuk memeriahkan acara,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang diunggah akun Instagram @seputar_lampung ini menjadi viral lantaran acara adat Lampung (Begawi) yang lazimnya dimeriahkan bunyi-bunyian menggunakan petasan atau mercon, justru menggunakan senjata lasar panjang dan pendek.

Pada video berjudul “Prosesi Begawi di Kotabumi, Lampung Utara Diwarnai Tembakan ke Udara” yang berdurasi sekitar 48 detik itu dan telah ditonton sebanyak 29.801 kali itu, terlihat seorang pria memakai jaket sweater berponco warna abu-abu menembakkan senjata laras panjang.

Baca juga: Viral 3 Polisi Tembakkan Senpi di Acara Begawi Lampung, Beralasan Karena Tak Ada Petasan

 

Sejumlah anak-anak yang berada di lokasi terlihat berebut memungut benda yang diduga selongsong peluru.

Tak lama berselang, seorang menggunakan jas hitam dan kopiah adat menembakkan senjata laras pendek sebanyak lima kali ke udara.

Kemudian, seorang memakai batik merah dan berkopiah juga menembakkan senjata laras pendek sebanyak tiga kali di udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com