Gantikan Mercon dengan Senjata Api pada Acara Adat, 3 Polisi Diperiksa Propam

Kompas.com - 19/09/2019, 12:40 WIB
Video acara adat Lampung (Begawi) di Lampung Utara menjadi viral karena menggunakan senjata api. Diduga, senjata api tersebut adalah senjata api organik milik Polri. (Foto tangkap/Instagram) KOMPAS.com/TRI PURNA JAYAVideo acara adat Lampung (Begawi) di Lampung Utara menjadi viral karena menggunakan senjata api. Diduga, senjata api tersebut adalah senjata api organik milik Polri. (Foto tangkap/Instagram)

LAMPUNG, KOMPAS.com – Tiga jenis senjata api yang ditembakkan ke udara dalam acara adat begawi di Lampung Utara adalah senjata dinas milik Polri.

Ketiga oknum polisi yang menggunakan senjata itu sedang dimintai keterangan di Bidpropam Polda Lampung.

Dari informasi yang dihimpun, ketiga senjata itu adalah satu senjata laras panjang jenis senapan serbu Steyr AUG, dan dua senjata laras pendek jenis Glock.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad membenarkan bahwa ketiga senjata api yang ada dalam video yang viral itu adalah senjata dinas Polri.

Baca juga: Video Viral Acara Adat di Lampung Gunakan Senjata Api, Ini Penjelasan Polisi

Ketiga oknum yang menembakkan senjata adalah Bharatu AI, Bripka MF, dan Briptu OK.

Menurutnya, kegiatan tersebut masih dalam penyelidikan oleh Bidpropam Polda Lampung karena tidak memiliki ijin kegiatan ataupun permintaan bantuan dari personel kepolisian.

“Ketiga oknum dan senjatanya masing-masing sudah diamankan di Bidpropam Polda Lampung,” katanya, Kamis (19/9/2019).

Aksi ini terjadi karena inisiatif ketiga oknum tersebut yang merupakan anggota keluarga yang melangsungkan acara adat tersebut.

Biasanya, kata Zahwani, pada sesi acara turun mandi dimeriahkan dengan bunyi-bunyian letusan seperti mercon atapun petasan. Namun, pada hari itu, panitia acara kehabisan petasan atau mercon.

“Tiga oknum ini bagian dari keluarga yang melangsungkan acara. Ketiganya lalu berinisiatif menggunakan senjata api, untuk memeriahkan acara,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang diunggah akun Instagram @seputar_lampung ini menjadi viral lantaran acara adat Lampung (Begawi) yang lazimnya dimeriahkan bunyi-bunyian menggunakan petasan atau mercon, justru menggunakan senjata lasar panjang dan pendek.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X