Korban Kabut Asap Pekanbaru Terus Berdatangan ke Posko Pengungsian

Kompas.com - 19/09/2019, 11:22 WIB
Salah satu ruangan yang dihuni pengungsi di posko kesehatan Kantor DPW PKS Riau di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (18/9/2019) malam. KOMPAS.com/IDON TANJUNGSalah satu ruangan yang dihuni pengungsi di posko kesehatan Kantor DPW PKS Riau di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (18/9/2019) malam.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Warga terpapar kabut asap di Kota Pekanbaru, Riau, semakin hari semakin banyak mengungsi. Hal itu disebabkan, karena kabut asap tak kunjung hilang, dan udara tidak sehat hingga berbahaya.

Para korban kebanyakan mengungsi ke posko pengungsian di Kantor DPW Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Riau, di Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru.

Warga mengeluhkan sesak napas, batuk filek, mual, dan juga pusing-pusing. Korban didominasi kalangan anak-anak.

Ketua Umum DPW PKS Riau Hendry Munief saat dikonfirmasi Kompas.com, mengakui jumlah mengungsi terus bertambah.

Baca juga: Wali Kota Pekanbaru ke Kanada Saat Warga Terdampak Kabut Asap, Ini Penjelasannya

"Ya, sampai saat ini terus bertambah. Data kita sampai, Rabu (18/9/2019), jumlah pengungsi sebanyak 137 orang. Dua hari sebelumnya hanya 119 orang," kata Hendry kepada Kompas.com, Kamis (19/9/2019).

Dia menyebutkan, pengungsi kebanyakan kalangan anak-anak, dengan jumlah 49 orang. Kemudian, balita 27 orang, orang dewasa 41 orang, dan lansia 2 orang.

Ratusan warga mengungsi ke kantor PKS

Sementara untuk jumlah pengunjung posko kesehatan dan pengungsian sejak dibuka pada, Rabu (11/9/2019), tercatat sebanyak 637 kepala keluarga (KK).

Kata Hendry, para pengunjung ini rata-rata warga yang sudah terdampak kabut asap. Ada yang datang berobat, cek kesehatan, minta oksigen, nebulizer.

"Jumlah pasien yang sudah berobat sejak posko kita buka, sebanyak 553 orang. Secara umum memang jumlah pasien terus bertambah," terang Hendry.

Baca juga: Saat Bayi-bayi Terpapar Kabut Asap di Pekanbaru Diungsikan

Menurut dia, dengan bertambah jumlah pengungsi, warga yang mengantarkan bantuan juga semakin banyak.

Sebab, posko tersebut dibuka secara swadaya masyarakat. Sementara PKS Riau hanya memfasilitasi tempat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X