Sejak Usia 6 Bulan, Bayi Hadijah Sudah Minum Kopi Tubruk, Ini Kata Sang Ibu

Kompas.com - 17/09/2019, 11:21 WIB
Bayi 14 Bulan Habiskan 5 Gelas Kopi atau Setara 1,5 liter Perhari KOMPAS.COM/JUNAEDIBayi 14 Bulan Habiskan 5 Gelas Kopi atau Setara 1,5 liter Perhari

KOMPAS.com - Sarifuddin dan Anita, warga Desa Tonro Lima, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa memberikan kopi tubruk sebagai pengganti susu untuk buah hati mereka, Hadijah Haura. Menurut Anita, kebiasaan tersebut dimulai sejak Hadijah berusia 6 bulan.  

"Ya mau diapalagi, pendapatannya tidak cukup untuk membeli susu. Terpaksa setiap hari hanya diberi dot berisi kopi. Bahkan ia tak bisa tidur kalau tidak minum kopi. Biasa merengek minta kopi sebelum tidur,” jelas Anita saat ditemui wartawan di rumahnya, Sabtu (14/9/2019).

Baca juga: Orangtua Tak Mampu Beli Susu, Bayi 14 Bulan Diberi 5 Gelas Kopi Setiap Hari

Sementara itu, menurut Anita, Hadijah yang saat ini berusia 14 bulan, kadang mampu menghabiskan 1,5 liter kopi setiap hari.

Anita menyadari, honor sebagai buruh kupas kopra sebesar Rp 20.000, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur kecil keluarganya.

Sementara itu, suaminya terkadang menjadi buruh angkut padi di sawah selain juga menjadi buruh kupas kopra.

Anita sempat mengaku belum mendapatkan bantuan dari pihak manapun terkait kondisi yang dihadapi keluarganya, khususnya Hadijah.

Sementara itu, Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Polewali Mandar, Mandaria Saleh, mengaku telah memberikan bantuan bagi Hadijah berupa biskuit dan susu. 

Petugas juga telah memberikan penjelasan kepada orangtua Hadijah untuk menghentikan kebiasaan memberi kopi tubruk kepada Hadijah. 

"Karena kalau lama kelamaan nanti ada efeknya karena mengandung kafein dan mengandung banyak gula," jelasnya.

Sumber: KOMPAS.com (Junaedi)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X