Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Emil Yakin Pengembangan Wisata di Telaga Biru Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Kompas.com - 17/09/2019, 09:12 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil optimis pengembangan wisata di Situ Cicerem atau Telaga Biru di Kabupaten Kuningan akan berdampak terhadap kesejahteraan warga Desa Kaduela

Apalagi, Ridwan Kamil mengatakan, di masa kepemimpinannya 60 persen pembangunan Jabar akan fokus di desa.

Gubernur yang karib disapa Emil ini pun menjelaskan bila Situ Cicerem bakal dikembangkan jadi salah satu objek wisata unggulan di Jawa Barat.

"Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar berkomitmen untuk membantu pengembangan wisata yang punya julukan Telaga Biru itu," kata Emil saat mengunjungi Situ Cicerem, Minggu (15/9/2019) seperti dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Dongkrak Pariwisata Jabar, Wagub Uu Dukung Maraton di Alam Terbuka

Emil mengatakan, sebutan Telaga Biru sesuai dengan kondisi airnya yang jernih berwarna biru. Jernihnya wisata alam yang berada di kaki Gunung Ciremai ini kian cantik saat dilihat ketika musim kemarau.

"Sebagai provinsi pariwisata, di mana sektor pariwisata akan jadi ujung tombak ekonomi Jabar, satu per satu destinasi wisata yang kurang terkenal akan dimaksimalkan, salah satunya di sini (Situ Cicerem)," ujar Emil.

Emil pun mengaku bisa merasakan kesegaran telaga dengan berenang bersama pengunjung lainnya.

"Banyak ikan ada Bawal dan ikan lain khas Kuningan yang sangat jinak. Di sini terbagi dua, ada yang rute berperahu dan berenang, saya coba berenang tadi," papar Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil: Pariwisata Jabar Harus Jadi Lokomotif Ekonomi

Untuk mempercepat proses pengembangan Situ Cicerem, Emil mengimbau Kepala Desa Kaduela agar segera mengirimkan surat kepada Pemdaprov Jabar. Ia memastikan pihaknya akan membantu seluruh biaya pengembangan.

Pengembangan obyek wisata Situ Cicerem tentunya disambut baik pihak pengelola. Rahmat Hidayat salah seorang pengelola mengatakan, pihaknya akan segera membuat surat permohonan kepada Pemprov Jabar sesuai dengan prosedur.

"Tentu ini kabar positif bagi kami dan kami akan segera menindaklanjutinya," ujar Rahmat.

Situ Cicerem alias Telaga Biru sendiri mematok harga tiket yang cukup murah yakni Rp 5.000. Dengan akses yang mudah dan harga tiket murah, Rahmat berujar objek wisata ini setiap hari ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah Kuningan.

"Di sini selalu penuh (pengunjung) apalagi hari libur, mudah-mudahan setelah dikembangkan akan lebih ramai," harap Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com