Jejak Politik Fuad Amin, Dari Pendukung Gus Dur hingga Dukung Prabowo

Kompas.com - 17/09/2019, 05:55 WIB
Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron mendengarkan vonis majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (19/10/2015). Ambaranie Nadia K.MMantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron mendengarkan vonis majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (19/10/2015).

SURABAYA, KOMPAS.com - Selain sebagai tokoh agama di Bangkalan, Fuad Amin Imron, mantan Bupati Bangkalan 2 periode itu juga terkenal sebagai politisi.

Karir politik Fuad Amin tercatat di PKB dan Partai Gerindra.

Pascareformasi, dia berhasil lolos ke Senayan menjadi anggota DPR/MPR dari dari PKB. Saat PKB mengalami dualisme, dia menjadi Ketua Dewan Syuro PKB Jawa Timur kubu Abdurahman Wahid (Gus Dur).


Baca juga: Khofifah: Fuad Amin Cicit Inisiator Nahdlatul Ulama

Sementara Ketua Dewan Tanfidz dijabat oleh Hasan Aminudin, mantan Bupati Probolinggo yang saat ini menjadi anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

"Yang saya ingat, selain piawai mengorganisir, almarhum adalah orang yang sangat percaya diri dalam bersikap dan berpolitik," kata Hasan Aminudin teman dekat Fuad Amin saat dikonfirmasi, Senin (16/9/2019) malam.

Pada 2003, Fuad Amin terpilih menjadi Bupati Bangkalan dalam pemilihan di DPRD Bangkalan. Pilkada 2008, dia kembali terpilih meneruskan masa jabatannya hingga 2012.

Dua tahun setelahnya, Fuad Amin kembali ke dunia politik. Dia maju sebagai caleg DPRD Bangkalan.

Kali ini, dia maju dari partai besutan Prabowo Subianto, Partai Gerindra. Lolos ke DPRD Bangkalan dari Pileg 2014, dia lantas diangkat menjadi Ketua DPRD Bangkalan.

Setahun menjabat, Fuad Amin diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan suap izin tambang di Bangkalan.

Oktober 2015 lalu, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan vonis delapan tahun penjara terhadap mantan Bupati Bangkalan, Fuad Amin Imron dalam kasus suap izin tambang. Atas putusan itu, dia mengajukan banding.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X