Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek: Kebijakan Insentif Berlaku Nasional, Termasuk di Lampung

Kompas.com - 14/09/2019, 16:52 WIB
Tri Purna Jaya,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – Aplikasi transportasi daring, Gojek, menyatakan, kebijakan besaran insentif di Lampung masih seperti keputusan sebelumnya. Kebijakan perubahan insentif ini berlaku secara nasional.

Pernyataan itu disampaikan Gojek pada pertemuan kedua dengan Mitra Gojek, Jumat (13/9/2019) kemarin. Pertemuan tersebut difasilitasi oleh Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.

Head of Regional Coorporate Affairs Gojek Wilayah Sumatera Teuku Parvinanda melalui pesan WhatsApp mengatakan, kebijakan insentif yang diterapkan saat ini berlaku secara nasional, termasuk di Lampung.

Baca juga: Belum Ada Kata Sepakat dengan Driver, Gojek Tutup Kantor di Lampung

 

Atas dasar perihal tersebut, Gojek telah menjawab aspirasi mitra driver bahwa kebijakan insentif masih tetap berlaku seperti keputusan sebelumnya.

Teuku menjelasan, insentif adalah bonus tambahan yang besarannya ditentukan oleh perusahaan dengan mempertimbangkan situasi supply dan demand.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keberlangsungan usaha dengan tetap memperhatikan pendapatan berkelanjutan bagi mitra driver.

Terkait hasil mediasi itu, Teuku menjelaskan, Gojek tetap menjalankan kesepakatan hasil mediasi pekan lalu, yaitu tidak membuka operasional kantor perwakilan GoJek di Lampung. Sementara di lapangan justru ditemukan banyak mitra driver yang menjalani order.

“Kami dapat memahami situasi tersebut karena banyak mitra driver yang mengandalkan sumber penghasilan mereka melalui pengambilan order,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, meski hasil mediasi hari ini sama seperti mediasi sebelumnya, pihaknya tetap berharap bisa kembali melanjutkan layanan Gojek untuk masyarakat Lampung dengan dukungan dari berbagai pihak dan turut berkontribusi dalam memajukan Lampung.

Diberitakan sebelumnya, Gojek menutup kantor cabangnya di Bandar Lampung. Penutupan operasional kantor ini buntut dari belum selesainya konflik dengan Mitra Gojek terkait pemotongan insentif.

Baca juga: Driver Ojol Gelar Aksi Mogok, Segel Kantor Gojek dan Grab di Purwokerto

Kegiatan operasional kantor Gojek Lampung ini ditutup sementara setelah demonstrasi ribuan Mitra GoJek di Tugu Adipura pada Kamis (5/9/2019).

Aksi tersebut terjadi lantaran para mitra Gojek merasa diperlakukan tidak adil dengan adanya pemotongan insentif sebesar 50 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com