Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mimpi Gadis Cirebon Claudia Bernyanyi hingga Buat Juri Pencarian Bakat Jerman Menangis

Kompas.com - 14/09/2019, 14:43 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

CIREBON KOMPAS.com – Wajah Christin Gunawan (47)  terlihat terus tersenyum. Dia merasa bangga dan kagum melihat penampilan putri pertamanya, Claudia Emmanuel Santoso (17) yang begitu memukau dalam babak Blind Audition di The Voice of Germany, Jumat (13/9/2019)

Kepada Kompas.com, Christin menceritakan kisah perjuangan Claudia hingga dapat mengikuti kontes menyanyi tingkat dunia itu.

Audi, begitu keluarga memanggil Claudia, lulus SMA pada tahun 2017, dan kemudian pergi ke Jerman pada 2018.

Dia pergi untuk melanjutkan studinya. Kata Christin, Audi merupakan seorang putri yang memiliki semangat belajar tinggi dan fokus terhadap cita-citanya.

“Tujuan utamanya adalah belajar, ya mau belajar. Mau meneruskan studinya ke sana (Jerman). Jurusannya masih dicari. Kalau di Jerman tidak bisa langsung masuk ke universitas, jadi dia harus belajar bahasa dulu, Studien Kolleg itu semacam penyetaraan. Claudia sudah pada tahap diterima Studien Kolleg, satu tahun mendatang dia kuliah,” kata Christin, saat berbincang  dengan Kompas.com bersama adik Claudia, Cheryl Clorinda Santoso (12) di salah satu pusat perbelanjaan Kota Cirebon Jumat (14/9/2019).

Baca juga: Siapa Sangka, Suara Claudia Santoso, Gadis Asal Cirebon Bikin Juri The Voice of Germany Nangis

Keinginannya sekolah di Jerman sudah dibuktikan Audi sejak kecil. Audi sering mendengarkan bahasa asing.

Saat menginjak kelas satu SMA, Audi belajar lebih serius dengan mengikuti kursus di Goethe – Institute Indonesia di Bandung. Saat ini, impian bersekolah di Jerman tercapai.

“Satu minggu sekali saya mengantarkan Audi pulang pergi Cirebon - Bandung untuk belajar di Goethe. Perjuangannya sungguh terasa, dan sekarang sudah. Audi sudah diterima di LMU Munchen (atau Ludwig Maximilian University of Munich di Munich, Bavaria, Germany),” kata Christin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com