Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan Gunung Merbabu Merembet ke Ampel dan Selo

Kompas.com - 13/09/2019, 20:13 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Kebakaran hutan Gunung Merbabu telah melebar dan merembet ke wilayah Ampel dan Selo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (13/9/2019).

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali Bambang Sinungharjo mengatakan, api merembet ke wilayah Ampel dan Selo pada Jumat pagi.

"Sebagian (api) sudah masuk ke Ampel dan Selo," katanya dihubungi Kompas.com, Jumat.

Untuk mengatasi agar api tidak merembet lebih luas, Bambang mengatakan telah berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dan relawan.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Merbabu, Merembet ke Puncak hingga Evakuasi 9 Pendaki Terakhir

Bahkan, jelas Bambang, BPBD Boyolali telah mendirikan posko untuk mengatasi kebakaran hutan Gunung Merbabu di wilayah Selo.

"Kita sudah mendirikan posko di Selo dan koordinasi dengan Pak Camat. Relawan juga kondisi siap antara 50-75 orang untuk membantu memadamkan api di sana," katanya.

Kendati sudah siap, kata Bambang, para relawan belum diterjunkan ke lokasi karena api yang membakar hutan Gunung Merbabu cukup besar.

"Tadi sudah rapat dengan beberapa tokoh relawan prinsip Selo itu siap kalau dibutuhkan TNGMb. Karena tadi sudah koordinasi, untuk sementara tidak boleh naik karena api cukup besar," terang dia.

Kasubag TU BTNGMb Johan Setiawan menambahkan, kebakaran hutan Gunung Merbabu di kawasan TNGMb terjadi sejak Rabu malam. Hingga Jumat, luas lahan hutan Gunung Merbabu yang terbakar sekitar 225 hektare.

Dia menyebut terpantau tujuh titik api besar dengan posisi melebar. Api mulai menjalar ke semua sisi gunung karena tiupan angin kencang.

"Upaya pemadaman dilakukan secara manual untuk melokalisir terjadinya kebakaran yang lebih meluas," imbuhnya.

Johan menambahkan telah melakukan upaya pemadaman dengan melibatkan berbagai unsur TNI/Polri, relawan, Muspika, BPBD, SAR, TNGMb, dan masyarakat lokal.

Baca juga: Api Masih Membakar Hutan Gunung Merbabu, 9 Pendaki Dievakuasi Turun

Jumlah personel yang dikerahkan sekitar 750 orang. Para personel disiagakan di lima posko lapangan dan satu posko di balai. Kelima posko itu berada di Ampel, Kopeng, Pakis, Wonolelo dan Selo.

Lebih jauh Johan mengatakan penyebab kebakaran sampai saat ini belum diketahui, karena masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com