Warga yang Terpapar Kabut Asap di Pekanbaru Mengungsi, Sebagian Dijemput ke Rumah

Kompas.com - 13/09/2019, 18:30 WIB
Sejumlah warga yang mengungsi di posko pengungsian di Kantor PKS Riau di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). KOMPAS.COM/IDONSejumlah warga yang mengungsi di posko pengungsian di Kantor PKS Riau di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019).

PEKANBARU, KOMPAS.com - Puluhan warga Kota Pekanbaru, Riau, mengungsi akibat terpapar kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Jumat (13/9/2019).

Warga mengungsi di posko pengungsian yang dibuka oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Riau.

Pantauan Kompas.com, para pengungsi terdiri dari orangtua dan anak-anaknya, lanjut usia (lansia) dan ibu hamil.

Warga yang mengungsi, tampak berkumpul di beberapa ruangan tertutup yang dijadikan posko di kantor PKS Riau, yang terletak di Jalan Seokarno Hatta, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Baca juga: Siang Ini Kualitas Udara di Pekanbaru, Riau Lebih Buruk dari Jakarta

Sekretaris Humas PKS Riau Imron Rosadi saat diwawancarai Kompas.com mengatakan, PKS membuka dua posko, yaitu posko pengungsian dan posko kesehatan.

"Posko kita buka sejak Rabu (11/9/2019) kemarin, sudah tiga hari. Alhamdulillah, hanya ini sebatas ini yang bisa kita lakukan dengan kondisi masyarakat yang sama sekali agak susah (akibat kabut asap) di luas sana, kemudian kita informasikan melalui media sosial, SMS dan lain-lain, bahwa kita membuka posko pengungsian dan pengobatan gratis," kata Imron.

Sejak posko dibuka, lanjut dia, sudah banyak warga yang datang mengungsi dan juga untuk berobat, akibat terdampak kabut asap.

"Dua hari terakhir terhitung ada sekitar 40 KK (kepala keluarga) yang mengungsi. Hari ini ada 35 orang yang kita data. Tapi makin hari makin bertambah. Biasanya malam hari yang ramai datang ke posko kita," sebut Imron.

Dia mengatakan, posko disediakan lima ruangan, seperti untuk ibu hamil, balita, lansia, dan orang dewasa.

"Untuk fasilitas posko, ada cek kesehatan, ruang inap AC, dokter dan perawat, obat-obatan, pemurni udara dan oksigen murni, box bayi, ambulan dan mobil antar jemput, dan kosumsi," imbuh Imron.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X