Raibnya Uang Rp 1,6 Miliar Masih Misteri, Polrestabes Medan Bentuk Tim Khusus

Kompas.com - 13/09/2019, 17:09 WIB
Ilustrasi uang. Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi uang.

MEDAN, KOMPAS.com - Polisi memeriksa sejumlah saksi dalam mengungkap kasus hilangnya uang Pemprov Sumut senilai Rp 1,6 miliar di pelataran parkir Pemprov Sumatera Utara pada Senin (9/9/2019).

Untuk kasus ini, Polrestabes Medan membentuk tim khusus.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha Prawira, mengatakannya, Jumat (13/9/2019).

Dikatakannya, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi namun enggan menyebutkan berapa jumlahnya. 

"Sudah ada beberapa saksi yang diperiksa. Mohon doanya agar kasus ini terungkap. Kita sudah membentuk tim khusus untuk meyelidiki hilangnya uang miliaran itu," tuturnya.

Baca juga: Wagub Sumut Kecewa Uang Pemprov Rp 1,6 Miliar Hilang di Tempat Parkir

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengaku heran dengan raibnya uang tunai sebanyak Rp 1.672.985.500 di dalam mobil yang diparkir di halaman kantor gubernur Sumatera Utara pada Senin sore (9/9/2019).

Agus juga menyebut pengambilan uang tunai dalam jumlah besar tanpa pengawalan adalah kecerobohan.

"Ini saya juga heran kok masih pakai uang tunai ini. Kalau terkait dengan proyek harusnya langsung ke pelaksana proyek. Kalau kaitan gaji harusnya langsung ke rekening penerima gaji," katanya.

Untuk diketahui, uang milik BPKAD Pemprov Sumatera Utara senilai Rp 1.672.985.500 hilang dari dalam mobil Toyota Avanza BK 1875 ZC yang diparkirkan di pelataran kantor Gubernur Sumatera Utara di Jalan Diponegoro, Medan, Senin (9/9/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Uang itu untuk honor kegiatan pegawai itu sebelumnya ditarik dari Bank Sumut Cabang Utama di Jalan Imam Bonjol, Medan, oleh dua pegawai BPKAD.

Namun setibanya di kantor gubernur, uang tersebut tidak dibawa ke dalam gedung, justru ditinggal di dalam mobil.

Sementara kedua pegawai itu pergi shalat Ashar dan sekaligus melakukan absensi pulang.

Ketika mereka kembali ke mobil, slot kunci mobil sudah dirusak dan uang tersebut hilang. Kasus itu pun dilaporkan ke polisi.

Baca juga: Fakta Uang Rp 1,6 Miliar Pemprov Sumut Hilang di Parkiran, untuk Pembayaran Honor TPAD

Dua pegawai Pemprov Sumut dan sejumlah orang yang diduga mengetahui insiden itu kini sudah dimintai keterangan. Kasus itu pun sudah ditangani penyidik Polrestabes Medan. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X