Sukses Terapkan Digitalisasi di Jabar, Emil Raih Penghargaan Dari IDX

Kompas.com - 13/09/2019, 10:14 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meraih penghargaan untuk kategori Transformasi Digital (DX) Leader dalam ajang IDC Digital Transformation Awards 2019 di Shangri-la Hotel, Jakarta, Kamis (12/9/2019). DOK. Humas Pemerintah Provinsi Jawa BaratGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meraih penghargaan untuk kategori Transformasi Digital (DX) Leader dalam ajang IDC Digital Transformation Awards 2019 di Shangri-la Hotel, Jakarta, Kamis (12/9/2019).


KOMPAS.com
– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan untuk kategori Transformasi Digital (DX) Leader dalam ajang IDC Digital Transformation Awards 2019 karena sukses mentransformasikan urusan masyarakat melalui penerapan teknologi digital.

"Saya sangat berterimakasih. Ini adalah sebuah pengharagaan yang akan memacu kami, Pemerintah Daerah Provinsi ( Pemdaprov) Jabar untuk bekerja lebih baik," kata Emil—sapaan Ridwan Kamil, di Shangri-la Hotel, Jakarta, Kamis (12/9/2019), seperti dalam keterangan tertulisnya.

IDC Digital Transformation Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada organisasi (lembaga pemerintah atau swasta) yang telah berhasil mendigitalkan satu atau beberapa bidang urusan melalui penerapan teknologi digital.

Kategori penghargaan dan kriteria seleksi diselaraskan dengan bidang transformasi bisnis yang paling kritis saat ini.

IDC sendiri adalah penyedia global utama intelijen pasar, layanan konsultasi, dan acara untuk teknologi informasi, telekomunikasi, dan pasar teknologi konsumen.

Di kesempatan tersebut, Emil menyatakan, pihaknya sedang berupaya menjadikan Jabar sebagai provinsi digital yang berfokus pada digital inklusif.

"Jadi, 60 persen urusan kami ada di desa. Rakyat saya tinggal di desa hampir setengahnya dan negara harus turun untuk memastikan transformasi," ucapnya.

Makanya sejumlah program Pemdaprov Jabar saat ini menerapkan teknologi digital, seperti Desa Digital.

Pada 2019, ada 600 wifi gratis di desa-desa. Selain itu, Pemdaprov Jabar menggagas program Sapa Warga yang bertujuan untuk memangkas gap komunikasi masyarakat desa dengan pemimpin daerah.

Nantinya, ketua Rukun Warga (RW) sebagai penanggungjawab diberi gawai yang dilengkapi aplikasi Sapa Warga supaya dapat berkomunikasi secara virtual dengan Gubernur Jabar maupun Bupati dan Walikotanya.

Pada aplikasi tersebut, Ketua RW pun bisa memberikan laporan terkait potensi wilayahnya maupun membuat pengaduan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X