Surabaya Terpilih Jadi Kota Percontohan Pengembangan Kebudayaan

Kompas.com - 13/09/2019, 07:17 WIB
Bunga Tabebuya bermekaran di kawasan Marmoyo (depan Kebun Binatang Surabaya) hingga Jl Diponegoro, Senin (26/11/2018). Tabebuya adalah jenis tanaman yang berasal dari Brasil dengan karakteristiknya sama seperti pohon sakura saat berbunga. Memasuki musim hujan di bulan November bunga bermekaran hingga berasa seperti Jepang dengan bunga sakuranya. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQBunga Tabebuya bermekaran di kawasan Marmoyo (depan Kebun Binatang Surabaya) hingga Jl Diponegoro, Senin (26/11/2018). Tabebuya adalah jenis tanaman yang berasal dari Brasil dengan karakteristiknya sama seperti pohon sakura saat berbunga. Memasuki musim hujan di bulan November bunga bermekaran hingga berasa seperti Jepang dengan bunga sakuranya.

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memilih Kota Surabaya sebagai kota percontohan pengembangan kebudayaan di Indonesia.

Komitmen kuat Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma menjadi salah satu pertimbangannya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid, mengatakan, di bawah kepemimpinan Risma, Surabaya menurutnya sudah banyak melalukan sesuatu untuk pengembangan kebudayaan.

"Seperti melakukan pelestarian cagar budaya dan menyelenggarakan festival-festival. Bu Risma sudah sangat ahli menggandeng stakeholder untuk memajukan kebudayaan asli Surabaya," katanya di Surabaya, Kamis (12/9/2019).


Baca juga: Jejak BJ Habibie di Kota Pahlawan Surabaya

Pihaknya mengaku sudah bertemu Risma untuk membahas masalah tersebut karena menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, agar semua kebijakan dan strategi kebudayaan bisa berjalan baik sesuai harus dilakukan komunikasi dan konsultasi dengan kepala daerah yang memiliki komitmen untuk pemajuan kebudayaan.

"Di Indonesia ada 514 kabupaten/kota. Tidak mungkin kami kunjungi semuanya. Kami pilih kepala daerah yang memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan kebudayaannya. Salah satunya adalah Kota Surabaya yang nanti akan kami jadikan percontohan pengembangan kebudayaan," ucapnya. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X