Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BJ Habibie Wafat, Ridwan Kamil Pasang Bendera Setengah Tiang

Kompas.com - 12/09/2019, 12:06 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengibarkan bendera setengah tiang di rumah dinasnya, Gedung Pakuan, Jalan Otista, Bandung, sebagai hari berkabung nasional atas wafatnya Presiden ke-3 BJ Habibie.

Pria yang biasa disapa Emil itu mengimbau kepada masyarakat menaikan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan terakhir bagi Habibie.

"Hari ini sudah diinstruksikan bendera setengah tiang. Jadi, seluruh kantor-kantor rumah-rumah penduduk mudah-mudahan karena mendadak, kita menginstruksikan lewat media sosial dibantu juga oleh media. Masih ada waktu sampai jam 6 sore mengimbau masyarakat kantor rumah menaikan bendera setengah tiang," ujar Emil, di Gedung Pakuan, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: ASN Gorontalo Mengheningkan Cipta Atas Wafatnya BJ Habibie

Emil pun berencana untuk ikut mengantar Habibie ke tempat peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Ia mengaku sangat kehilangan atas meninggalnya Habibie.

"Saya pakaian begini karena mau melayat. Jadi sekarang ke Jakarta terbang, dimakamkan kalau enggak salah jam 12.00 atau jam 13.00. Ya sangat sedih, karena dua kali ke makam Kalibata pertama waktu Ibu Ani, sekarang Pak Habibie," ungkap dia.

Sebelumnya, Emil menyebut Habibie sebagai cermin orang pintar dan cerdas. Menurut dia, Habibie merupakan guru bangsa yang kiprahnya patut diteladani.

"Kalau ibu-ibu nanya ke anaknya pasti dibilang harus pinter kayak Pak Habibie, saya juga dulu mengalami momen-momen itu. Citra orang pintar cerdas itu Pak Habibie dan beliau juga guru bangsa kita, bahkan saya sangat kehilangan," ujar Emil, sapaan akrabnya di Bandung, Rabu (11/9/2019) malam.

Baca juga: Sosok BJ Habibie di Mata Rusli Habibie, Keponakan yang Jadi Gubernur Gorontalo

Mewakili warga dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ia mengucapkan duka mendalam atas wafatnya Habibie.

Ia berharap, semua elemen masyarakat bisa belajar untuk melanjutkan cita-citanya membangun Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com