Khofifah Hadiri Prosesi Pemakaman BJ Habibie, Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Kompas.com - 12/09/2019, 06:51 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa KOMPAS.COM/GHINAN SALMANGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berencana menghadiri prosesi pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) di Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019) besok.

"Insya Allah saya hadir. Besok subuh (Kamis, 12/9/2019) teebang ke Jakarta setelah mengikuti shalat Ghaib di Masjid Al Akbar, Surabaya," kata Khofifah, Rabu (11/9/2019).

Khofifah juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk turut serta mendoakan almarhum BJ Habibie.

Sementara itu, bagi pemeluk agama Islam Khofifah menyerukan untuk melaksanakan shalat ghaib.


Baca juga: Gubernur Nurdin Abdullah Kenang Pertemuan dengan BJ Habibie di Acara Mata Najwa

Ia menambahkan, seluruh instansi pemerintah di Jawa Timur, lembaga swasta, serta masyarakat agar mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut mulai Kamis besok.

"Sesuai Undang-undang nomor 24 tahun 2009, kami  menginstruksikan kepada seluruh instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari berturut-turut mulai besok," tutur Khofifah.

Sosok yang menginspirasi

Menurut Khofifah, BJ Habibie merupakan sosok yang sangat menginspirasi generasi muda Indonesia, khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Karir cemerlang Habibie telah memotivasi banyak anak muda Indonesia untuk terus berprestasi demi kemajuan bangsa.

Habibie juga dinilai telah mengenalkan paradigma pendidikan yang berpengaruh luas, yaitu pentingnya iman dan taqwa serta ilmu dan teknologi sebagai satu kesatuan bekal hidup yang harus dimiliki oleh manusia.

Baca juga: Airin Kenang Pesan yang Disampaikan BJ Habibie kepada Dirinya

"Saya termasuk orang yang sangat mengagumi beliau dan menjadikan salah satu referensi teladan. Beliau juga terkenal sebagai sosok romantis dan penuh cinta," imbuh Khofifah.

Sebagaimana diketahui, almarhum BJ Habibie tutup usia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jakarta Pusat, pada pukul 18.05 WIB dalam usia 83 tahun.

Almarhum BJ Habibie telah menjalani perawatan di RSPAD sejak tanggal 1 September 2019 lalu.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani oleh tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian seperti jantung, penyakit dalam dan ginjal.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X