Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Gorontalo dan Warga Gelar Tadarus 7 Hari untuk BJ Habibie

Kompas.com - 12/09/2019, 05:31 WIB
Rosyid A Azhar ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com – Pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo menggelar doa dan tadarus (membaca Al Quran) hingga hari ketujuh untuk mendoakan mangkatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie).

Hal ini disampaikan oleh Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe, saat melakukan doa dan tahlil bersama anak anak yatim, pemangku adat (bate), dan tokoh masyarakat di rumah dinas gubernur, Rabu malam, (11/9/2019).

“Setelah malam ini, besok dan seterusnya sampai hari ketujuh masyarakat dan pemerintah mengadakan pengajian dan tadarusan untuk mendoakan almarhum BJ Habibie. Ini sesuai instruksi dari Gubernur Gorontalo bapak Rusli Habibie, yang kebetulan berada di Jakarta mendampingi keluarga almarhum,” kata Syukri Botutihe.

Baca juga: Sosok BJ Habibie di Mata Para Gubernur, Penuh Cinta dan Dikagumi Dunia

Seluruh masyarakat Gorontalo diharapkan melaksanakan salat ghaib untuk turut mendoakan almarhum.

Bagi masyarakat, sosok BJ Habibie sangat dikenal dekat karena berasal dari Gorontalo. Ikatan emosional ini juga yang membuat masyarakat sangat berduka atas mangkatnya mantan presiden ini. Bahkan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie merupakan keponakan almarhum.

BJ Habibie juga diketahui memiliki gelar adat Gorontalo sehingga akan ada prosesi saat pemakaman.

“Almarhum memiliki gelar adat, kami akan bicarakan dengan pak Rusli Habibie dan pemangku adat Gorontalo untuk prosesinya seperti apa,” kata Syukri Botutihe.

Mangkatnya BJ Habibie ini membuat masyarakat Gorontalo sangat kehilangan.

“Beliau tokoh besar, tidak hanya untuk Indonesia, tapi juga bagi dunia. Ini yang membuat kami sangat kehilangan,” ujar Freksi Gani, Kepala Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo.

Baca juga: Kenangan Ganjar dengan BJ Habibie: Ditepuk Pundak dan Pesan Sarat Makna

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com