Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Depresi, Ricky Bakar Mobilnya Sendiri di Tempat Pembuangan Sampah

Kompas.com - 10/09/2019, 19:55 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Satu unit mobil Toyota Calya dengan nomor polisi L 1990 FB dibakar oleh pemiliknya sendiri, Ricky Wiryawan, di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Ngipik di Kelurahan Ngipik, Kecamatan Gresik kota, Gresik, Jawa Timur, Selasa (10/9/2019).

Ricky, warga Tambak Segaran, Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Surabaya, membakar mobilnya sendiri karena depresi.

Mobil diperkirakan dibakar sekitar pukul 10.00 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

"Informasi dari masyarakat maupun dari pemulung yang ada di TPA, (mobil) memang sengaja dibakar oleh pemiliknya. Jadi sewaktu terbakar pemilik sudah berada di luar mobil, sehingga tidak ada korban jiwa," kata Kanit Reskrim Polsek Gresik Kota, Ipda Yoyok Mardi, Selasa.

Baca juga: Satu Tersangka yang Bakar Mobil Berisi Ayah-Anak Alami Luka

Yoyok mengatakan, pemilik mobil itu sedang mengalami depresi atau gangguan kejiwaan. Sebab, saat diinterogasi, ia beberapa kali tidak menjawab secara jelas pertanyaan yang diajukan petugas.

"Setelah kita interogasi memang disinyalir si pemilik itu depresi, dan itu diketahui setelah ditanya memang tidak nyambung. Tapi dia sempat berkata, bahwa dirinya sengaja membakar (mobil), dan itu dibuktikan dengan ditemukannya korek api gas yang diakuinya dibeli dari Indomaret," beber Yoyok.

Dugaan pelaku mengalami gangguan kejiwaan juga dikuatkan oleh pihak keluarga. Kepolisian sudah menghubungi pihak keluarga, namun mereka malah enggan menerima kembali pelaku karena khawatir rumah juga akan dibakar.

"Dari pihak keluarga sendiri di Surabaya mengatakan, pemilik (mobil) sejak dua atau tiga bulan lalu memang mengalami depresi. Pihak keluarga ketika kami hubungi juga enggan menerima (kembali), sebab khawatir bakal kambuh lagi dan nantinya bakal membakar rumah mereka," katanya.

Baca juga: Bakar Polisi Saat Unjuk Rasa, Itu Tragedi Demokrasi

Saat ini Ricky masih diamankan di Mapolsek Gresik Kota guna dimintai keterangan lebih lanjut. Pihak kepolisian juga masih berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Gresik terkait nasib Ricky.

"Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Dinsos, apakah nanti bakal dirujuk ke rumah sakit jiwa untuk pengobatan lebih lanjut atau seperti apa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com