Kekeringan 5 Bulan, Puluhan Warga Dusun Ini Bolak-balik Ambil Air dari Satu Sumur

Kompas.com - 10/09/2019, 12:01 WIB
Warga Dusun Karangpilang Lor, Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Mengambil Air dari Salah Satu Sumur yang Ada di Dusun itu. Senin (9/9/2019) KOMPAS.com/MARKUS YUWONOWarga Dusun Karangpilang Lor, Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Mengambil Air dari Salah Satu Sumur yang Ada di Dusun itu. Senin (9/9/2019)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat di Dusun Karangpilang Lor, Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Yogyakarta, harus rela memanfaatkan satu sumur untuk puluhan kepala keluarga selama musim kemarau.

Dusun yang berbatasan langsung dengan Wonogiri, Jawa Tengah, sudah merasakan kekeringan sejak 5 bulan terakhir. 

Dusun Karangpilang Lor berada diperbukitan, dan jauh dari pusat kota Wonosari, jika menggunakan sepeda motor membutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan.

Sampai di dusun Karangpilang Lor, akan dijumpai beberapa warga yang membawa jeriken dan wadah air lainnya menuju ke sebuah sumur.

Di sekitar sumur belasan jeriken menunggu untuk diisi oleh pemiliknya.

Baca juga: Masuki Darurat Kekeringan, 9 Kecamatan di Kulon Progo Butuh Air Bersih

Di sumur itu sudah ada beberapa warga yang menimba air menggunakan ember yang diikat tali.

Sebagian warga yang menunggu sabar menunggu giliran sambil asyik ngobrol bersama warga lain tentang keseharian.

Salah seorang warga Karangpilang Lor, Lasimin menceritakan di dusunnya ada dua sumur air yang biasa digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun warga memilih satu sumur karena airnya lebih jernih.

"Saat musim penghujan warga di sini menggunakan mesin pompa, tapi saat musim kemarau hasil kesepakatan hanya diperbolehkan menggunakan timba (tali dan ember kecil)," katanya kepada wartawan di lokasi Senin (9/9/2019). 

Baca juga: Belum Sebulan Dilantik, Anggota DPRD Gunungkidul Diberhentikan Sementara

Sumur yang memiliki diameter 2 meter dengan kedalaman antara 10 sampai 15 meter digunakan oleh 42 kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti memasak hingga mencuci.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X