Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pria Tewas usai Serang Polisi karena Tilang, Polda NTB Bentuk Tim Investigasi

Kompas.com - 10/09/2019, 08:57 WIB
Karnia Septia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) membentuk tim investigasi untuk menyelidiki kasus Zaenal Abidin, pelanggar lalulintas asal Lombok Timur yang meninggal dunia diduga usai berkelahi dengan oknum petugas.

"Dalam hal ini kami sudah membentuk tim investigasi," kata Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sujana dalam jumpa pers di Mapolda NTB, Senin (9/9/2019).

Nana mengatakan, guna mendalami kasus tersebut saat ini pihaknya telah memeriksa empat oknum anggota Polantas Polres Lombok Timur untuk dimintai keterangan.

Empat oknum anggota Polres Lombok Timur sedang menjalani pemeriksaan oleh Kabid Propam Polda NTB.

Baca juga: Kronologi Warga Tewas usai Serang Polisi karena Tilang

Jika ditemukan bukti-bukti anggota tersebut melakukan penganiayaan hingga menyebabkan nyawa seseorang melayang, Polda NTB akan melakukan tindakan tegas.

"Kalau anggota kami salah, anggota kami kemudian sampai melakukan hingga mengakibatkan korban meninggal dunia akan kami tindak tegas. Akan kami tindak tegas," kata Nana.

Nana menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman dengan menggali keterangan dari beberapa saksi.

Termasuk akan meminta Ikhsan, keponakan almarhum Zaenal Abidin yang ikut serta mengantar Zaenal ke Polres Lombok Timur untuk mengambil motor yang ditilang.

Baca juga: Ayah Zaenal: Lebih Baik Anak Saya Dipenjara 10 Tahun, daripada Dipukul Mati

Sebelumnya, Kapolda NTB Irjen Pol Nama Sudjana menjelaskan kronologi perkelahian antara Satlanatas dengan Zaenal Abidin.

"Saya mulai dari kronologi aja, pada hari Kamis tanggal 05 September 2019 sekitar pukul 20.20 Wita, bertempat di lapangan apel Satlantas Polres Lotim, si Zaenal dengan menggunakan sepeda motor dari arah melawan arus dan tanpa helm memasuki pintu gerbang Kantor Satlantas," jelas Nana.

Zaenal lalu menanyakan motornya yang ditahan. Setelah itu, tiba-tiba ia memukul anggota lantas hingga berujung perkelahian.

"Tiba-tiba Zaenal memukul anggota lantas yang mengakibatkan terjadinya perkelahian dengan anggota yang bertugas," kata Nana.

Seusai perkelahian, Zaenal dibawa ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk diperiksa.

Namun saat hendak dibawa, Zaenal terjatuh dan tak sadarkan diri.

Baca juga: Duduk Perkara Pria Tewas Diduga Menyerang Polisi karena Tilang, Ada Memar di Belakang Kepala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com