Unik, Saudara Kembar Ini Sama-sama Dilantik Jadi Kepala Desa di Gresik

Kompas.com - 10/09/2019, 08:23 WIB
Saudara kembar Suwandi dan Suwoto (pakaian dinas), sama-sama usai dilantik menjadi kepala desa. facebook M Agam AsSaudara kembar Suwandi dan Suwoto (pakaian dinas), sama-sama usai dilantik menjadi kepala desa.

GRESIK, KOMPAS.com - Ada sebanyak 264 desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang baru saja menyelesaikan prosesi pemilihan Kepala Desa (Kades) secara serentak.

Para pemenang kemudian dilantik oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik, sekaligus diambil sumpah jabatannya bertempat di halaman kantor Bupati Gresik, Senin (9/9/2019).

Namun ada yang menarik dalam agenda kali ini, sebab dari 264 kades terpilih dan dilantik, dua diantaranya merupakan saudara kembar.

Mereka adalah Suwandi yang menjabat sebagai Kades Lampah, dan Suwoto dilantik sebagai Kades Sidoraharjo, yang sama-sama berada di Kecamatan Kedamean, Gresik.

"Memang benar, saya dan Suwoto itu saudara kembar. Kelahiran 1981, Bulan Oktober tanggal 2," ujar Suwandi saat dihubungi, Senin (9/9/2019) malam.

Baca juga: 2 Balita Kembar Ditemukan Tewas Mengenaskan, Ibunya Kritis

Ketika ditanyakan mengenai siapa yang kakak dan siapa yang adik, Suwandi mengatakan tergantung yang menilai. Meski sejatinya, Suwoto dilahirkan dari rahim ibunya ke dunia terlebih dulu.

"Kalau itu sih tergantung yang menyikapi (menilai). Sebab kalau menurut orang-orang Jawa itu saya yang kakaknya (saudara tua), tapi kalau orang-orang China (Tionghoa) itu bilang saya ini yang adiknya. Tapi kalau yang dilahirkan dulu itu memang Suwoto," terangnya.

Pertama menjabat

Suwandi mengaku, baru pertama kali menjabat sebagai kepala desa, begitupun dengan saudara kembarnya. Sebelumnya, mereka bekerja wiraswasta membantu usaha pamannya yang bergerak di bidang ekspedisi.

"Kalau saya sendiri kemarin menang lawan incumbent, calonnya juga cuma dua orang, saya sama dia saja," ucap dia.

Ia berharap, dengan dilantik sebagai kades baru dalam memimpin desa masing-masing, baik Suwandi yang juga mewakili Suwoto berkeinginan bisa membawa kemajuan, kebaikan, serta kesejahteraan bagi masyarakat.

Suwandi pun mengaku, saling mendukung dengan Suwoto atas apa yang dilakukan, termasuk pada saat masa kampanye dalam Pilkades kemarin.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X