Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Saudara Kembar Ini Sama-sama Dilantik Jadi Kepala Desa di Gresik

Kompas.com - 10/09/2019, 08:23 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Ada sebanyak 264 desa di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang baru saja menyelesaikan prosesi pemilihan Kepala Desa (Kades) secara serentak.

Para pemenang kemudian dilantik oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik, sekaligus diambil sumpah jabatannya bertempat di halaman kantor Bupati Gresik, Senin (9/9/2019).

Namun ada yang menarik dalam agenda kali ini, sebab dari 264 kades terpilih dan dilantik, dua diantaranya merupakan saudara kembar.

Mereka adalah Suwandi yang menjabat sebagai Kades Lampah, dan Suwoto dilantik sebagai Kades Sidoraharjo, yang sama-sama berada di Kecamatan Kedamean, Gresik.

"Memang benar, saya dan Suwoto itu saudara kembar. Kelahiran 1981, Bulan Oktober tanggal 2," ujar Suwandi saat dihubungi, Senin (9/9/2019) malam.

Baca juga: 2 Balita Kembar Ditemukan Tewas Mengenaskan, Ibunya Kritis

Ketika ditanyakan mengenai siapa yang kakak dan siapa yang adik, Suwandi mengatakan tergantung yang menilai. Meski sejatinya, Suwoto dilahirkan dari rahim ibunya ke dunia terlebih dulu.

"Kalau itu sih tergantung yang menyikapi (menilai). Sebab kalau menurut orang-orang Jawa itu saya yang kakaknya (saudara tua), tapi kalau orang-orang China (Tionghoa) itu bilang saya ini yang adiknya. Tapi kalau yang dilahirkan dulu itu memang Suwoto," terangnya.

Pertama menjabat

Suwandi mengaku, baru pertama kali menjabat sebagai kepala desa, begitupun dengan saudara kembarnya. Sebelumnya, mereka bekerja wiraswasta membantu usaha pamannya yang bergerak di bidang ekspedisi.

"Kalau saya sendiri kemarin menang lawan incumbent, calonnya juga cuma dua orang, saya sama dia saja," ucap dia.

Ia berharap, dengan dilantik sebagai kades baru dalam memimpin desa masing-masing, baik Suwandi yang juga mewakili Suwoto berkeinginan bisa membawa kemajuan, kebaikan, serta kesejahteraan bagi masyarakat.

Suwandi pun mengaku, saling mendukung dengan Suwoto atas apa yang dilakukan, termasuk pada saat masa kampanye dalam Pilkades kemarin.

Baca juga: Jantung Bayi Kembar Siam Asal Bali Menyatu, RS Sanglah Konsultasi ke Surabaya

"Yang pasti dengan orang itu harus saling menyapa, baik saat mengendarai mobil, motor, maupun saat ngopi bersama, gampang bergaul begitu. Sebab dari situ kita akan tahu, apa yang nanti dibutuhkan oleh warga," kata Suwandi.

Sebelumnya beberapa postingan akan adanya kades kembar yang dilantik, juga sempat beredar dan diketahui dari akun grup facebook Gresik Sumpek.

Salah satunya, dilansir dari akun M Agam As.

"09_09_2019

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com