Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Pemkot Tangsel Keruk Sampah Menumpuk di Bahu Jalan

Kompas.com - 09/09/2019, 21:17 WIB
Mikhael Gewati,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengerahkan 3 truk sampah dan 1 ekskavator untuk membersihkan sampah di Jalan Martadinata, Pondok Cabe Timur, RT 9, Kecamatan Pamulang.

"Kami juga menugaskan para pesapon dan petugas kebersihan, total ada 15 orang untuk membersihkan sampah di sana," kata Kepala Seksi Persampahan pada DLH Kota Tangsel, Rastra Yudhatama yang memimpin pembersihan itu, Sabtu (7/9/2019) lalu.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/9/2019), Rastra menjelaskan, sampah tersebut berasal dari masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang melintas dari Parung, Bogor.

Baca juga: KLHK Segel Tempat Pembuangan Sampah Ilegal di Kabupaten Bogor

Lebih lanjut, dia mengatakan, bila sampah liar yang ada di pinggir jalan arah kanan ke Parung tersebut, sebenarnya selalu dibersihkan setiap harinya. Namun karena ada proyek pembongkaran jalan, jadi belum sempat diangkut.

"Dari pembersihan kemarin, kebanyakan sampah tersebut merupakan puing-puing proyek pelebaran jalan," ujar dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Toto Sudarto mengatakan, petugasnya selalu merespon cepat apa yang menjadi laporan warga. Termasuk sampah menempuk di Jalan Martadinata, Pondok Cabe Timur, Kecamatan Pamulang tersebut.

Sosialisasi 

Bahkan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada warga yang ada di wilayah setempat untuk menawarkan kerja sama pelayanan sampah, namun sampai hari ini masih belum ada jawaban.

"Meski belum ada jawaban, tetapi usaha kami terus melakukan pembersihan sampah setiap harinya. Kami pun sudah memasang spanduk larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan," ungkap Toto.

Toto pun mengajak masyarakat setempat dan warga yang melintasi jalan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, dan membuang sampah pada tempatnya, karena bahu jalan bukanlah tempat untuk membuang sampah.

"Ketika kita peduli dengan kebersihan, maka tidak ada lagi namanya sampah liar di Tangsel," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com