Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi bagi Destria Wibowo, Penjaga Sekolah yang 14 Tahun Tinggal di Ruang Guru

Kompas.com - 09/09/2019, 17:32 WIB
Farida Farhan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berupaya mencari solusi untuk Destria Wibowo, penjaga SDN III Karawang Wetan, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, yang tinggal di ruang guru bersama keluarganya selama 14 tahun.

"Untuk pembangunan rumah penjaga dimasukkan program rutilahu tidak memenuhi syarat, karena aset sekolah. Sementara, anggaran rehab tidak teranggarkan di Disdikpora dan ke BAZ, enggak bisa. Alternatif lain kemungkinan dengan CSR (corporate social responsibility)," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang Asep Aang Rahmatullah, saat dihubungi, Senin (9/9/2019).

Pihaknya, kata Aang, merespons cepat pemberitaan yang beredar tentang honorer K2 yang tinggal bersama keluarganya di ruang guru itu.

Baca juga: Penjaga Sekolah Ini 14 Tahun Tinggal di Ruang Guru, Honor Kecil hingga Sempat Tinggal di Gudang

Kepala Bidang Pengadaan dan Pemberhentian ASN, Taopik, meninjau langsung ke SDN Karawang Wetan III untuk mengecek informasi tersebut.

“Kami mengakui kondisi kesejahteraan non-PNS secara umum masih rendah, terutama penjaga sekolah. Mungkin belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari," kata Taopik.

Saat ini, lanjut dia, BKPSDM sedang melakukan penataan non-PNS, termasuk di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang sudah disosialisasikan pada Senin (2/9/2019) lalu.

Hasil kegiatan monitoring dan evaluasi tenaga non-PNS ini akan disampaikam kepada pimpinan.

"Hasilnya menjadi bahan untuk evaluasi dan penataan ke depannya," kata dia.

Informasi ini, kata dia, akan disampaikan ke Disdikpora untuk mendapatkan solusi terbaik. Minimal membantu pendidikan anak-anak Destria melalui jalur beasiswa.

Mengenai beasiswa, juga dikoordinasikan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang. Putra Destria, bakal diikutkan program Karawang Cerdas.

“Mangga daftar saja dulu, nanti diverifikasi oleh tim di Bappeda. Pendaftaran Beasiswa Karawang Cerdas tahun 2019 secara online melalui beasiswacerdas.karawangkab.go.id. Persyaratan administrasi dikirim melalui PO BOX 777 Disdikpora-Cikampek 41373. Pendaftarannya mulai 17 Agustus 2018 sampai 30 September 2019," kata Kepala Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Bappeda Karawang Dedi Nuryadi.

Kepala SDN Karawang Wetan III Karsum membenarkan Destria dan keluarganya tinggal di sekolah.

Pihak sekolah, kata dia, membantu dan memfasilitasi Destria untuk tinggal bersama keluarganya di ruang guru. Bahkan, diberikan kesempatan berjualan di sekolah.

"Selain itu, Destria juga mendapatkan honor secara pribadi dari kepala sekolah," kata Karsum.

Di SDN Karawang Wetan III, kata Karsum, terdapat rumah dinas yang sempat ditempati oleh penjaga sekolah sebelumnya, yang kini sudah pensiun. Namun, saat ini kondisinya rusak dan tidak bisa ditempati.

Baca juga: Ini 6 Fakta Penjaga Sekolah yang 14 Tahun Tinggal di Ruang Guru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com