Beri Obat Tak Sesuai, Dokter Gadungan Ini Diamankan Pasiennya Sendiri

Kompas.com - 09/09/2019, 17:06 WIB
Kapolsek Caringin Iptu Rafik Rahadian Syah (kanan) saat meminta keterangan tersangka TII saat konferensi pers di Polsek Caringin, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (9/9/2019). KOMPAS.COM/BUDIYANTOKapolsek Caringin Iptu Rafik Rahadian Syah (kanan) saat meminta keterangan tersangka TII saat konferensi pers di Polsek Caringin, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (9/9/2019).

SUKABUMI, KOMPAS.com -  Seorang dokter gadungan, TII (54) berhasil diamankan warga Kampung Undrus, Desa/Kecamatan Caringin, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019) lalu.

Oleh warga, dokter gadungan yang mengaku lulusan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Bandung itu dilaporkan ke Polsek Caringin untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Terungkapnya perkara ini berawal saat seorang warga menelusuri jenis dan kegunaan obat yang diberikan dokter gadungan.

Baca juga: Janjikan Pekerjaan Perawat, Seorang Dokter Gadungan Ditangkap

Hasil penelusuran, obat yang diberikan ternyata tidak sesuai peruntukannya. Akhirnya warga kembali mengundang dokter gadungan lalu mengamankannya.

"Tersangka TII tidak bisa menunjukkan surat praktik dokter, hanya memperlihatkan kartu PNS (Pegawai Negeri Sipil) makanya langsung kami amankan dan terus diperiksa hingga ditetapkan tersangka," kata Kepala Polsek Caringin Iptu Rafik Rahadian Syah saat konferensi pers di Mako Polsek Caringin, Senin (9/9/2019).

Menurut dia, tersangka TII ini sudah dua minggu keliling kampung dengan mengobati beberapa warga dan menjual obat.

Hasil penyelidikan sebelumnya, tersangka TII pernah mendatangi kampung-kampung lain beda desa.

"Selain di kampung Undrus ini, dua bulan lalu pernah di wilayah desa lain. Juga pernah di kecamatan lain, seperti Gegerbitung, Parakansalak dan Kalapanunggal. Pelaku juga mengakuinya," ujar dia.

Dia menuturkan, awalnya tersangka TII ini mendatangi warga untuk mencari lahan atau tanah yang dijual.

Namun, berikutnya, tersangka TII mengaku bila dirinya seorang dokter yang bertugas di sebuah rumah sakit di Kota Sukabumi.

Lalu, kepada warga, tersangka TII meminta dicarikan warga yang ingin diperiksa kesehatannya. Hingga akhirnya ada beberapa warga yang memeriksakan diri karena memiliki penyakit.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X