Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Pria Tewas Diduga Menyerang Polisi karena Masalah Tilang, Kena Razia hingga Terdapat Luka Memar

Kompas.com - 09/09/2019, 15:49 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Zaenal Abidin (29) seorang pemuda asal Desa Paok Motong, Lombok Timur, tewas setelah diduga berkelahi dengan anggota Satlantas di lapangan apel Satlantas Polres Lombok Timur.

Polisi menyebut, Zaenal meninggal setelah terlebih dulu mengamuk dan menyerang petugas karena persoalan tilang.

Perkelahian dipicu dari Zaenal yang terjaring razia operasi patuh yang dilaksanakan pada hari Kamis (5/9/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.

Tak terima sepeda motornya terjaring razia, pada pukul 20.20 Wita, Zaenal pun mendatangi Polres Lotim perihal menanyakan sepeda motor miliknya yang terkena razia hingga terjadi perkelahian tersebut.

Sahabudin (60) ayah Zaenal Abidin mengatakan, terdapat luka memar di sekujur tubuh anaknya. Hal itu ia ketahui saat tiba di Rumah Sakit Umum Sudjono (RSUD) Lombok Timur, tempat anaknya dirawat.

Sementara itu, Kapolda NTB Irjen Nana Sudjana mengungkapkan, Zaenal disebut datang dengan cara yang tidak bersahabat dan dengan nada keras berkata, "Di mana motor saya?"

Hal itu memicu awal percecokan antara Zaenal dan anggota Satlantas yang sedang berjaga.

Berikut ini fakta selengkapnya:

1. Kronologi kejadian

Kapolda NTB usai melakukan MoU dengan ITDC di Novotel LombokKOMPAS.COM/IDHAM KHALID Kapolda NTB usai melakukan MoU dengan ITDC di Novotel Lombok

Nana mengungkapkan, Kamis, bertempat di lapangan apel Satlantas Polres Lotim, Zaenal dengan menggunakan sepeda motor dari arah melawan arus dan tanpa helm memasuki pintu gerbang kantor Satlantas.

Sambungnya, Zaenal kemudian menanyakan sepeda motornya. Tiba-tiba, kata Nana, Zaenal memukul anggota satuan lalu lintas yang memicu terjadinya perkelahian.

"Tiba-tiba Zaenal memukul anggota lantas (polantas) yang mengakibatkan terjadinya perkelahian, dengan anggota yang bertugas," ungkap Nana dalam jumpa pers, Senin (9/9/2019).

Baca juga: Detik-detik Pengendara Berkelahi dengan Polisi hingga Tewas karena Masalah Tilang

2. Sempat dibawa ke SPKT untuk pemeriksaan

Ilustrasi PolisiThinkstock/Antoni Halim Ilustrasi Polisi

Seusai terjadi perkelahian, lanjut Nana, Zaenal dibawa ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk diperiksa. Namun, saat hendak dibawa, Zaenal terjatuh tak sadarkan diri.

"Karena akibat pergumulan itu, Zaenal sempat dibawa ke SPKT untuk diperika, tetapi tiba-tiba terjatuh dan tak sadarkan diri," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com