Bahaya! Abrasi Ancam Pemukiman Warga dan Jalan Lintas Pesisir Selatan

Kompas.com - 08/09/2019, 14:32 WIB
Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Hendrajoni meninjau abrasi yang terjadi di Lengayang, Pesisir Selatan Humas Pemkab Pesisir SelatanBupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Hendrajoni meninjau abrasi yang terjadi di Lengayang, Pesisir Selatan

PADANG, KOMPAS.com - Ancaman abrasi melanda pemukiman warga di Kampung Karang Labuang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Jarak antara bibir pantai dengan pemukiman warga hanya tinggal sekitar 10 meter saja.

Bahkan, abrasi juga mengancam jalan lintas Sumatera Barat-Bengkulu karena jaraknya dengan bibir pantai hanya sekitar 50 meter saja.

Baca juga: Karung Pemecah Ombak Dipasang di Monumen Perdamaian Jokowi yang Rusak karena Abrasi

"Harus cepat kami tangani sebab sudah mendekati pemukiman warga dan juga jalan lintas. Ini cukup berbahaya," kata Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/9/2019).

Hendrajoni mengatakan, untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya untuk sementara menempatkan 1.100 karung pasir penahan ombak di sepanjang bibir pantai yang rawan abrasi.

Selain itu, pihaknya juga telah menurunkan alat berat untuk membuat pintu muara sungai yang baru.

"Alat berat tersebut dioperasikan sudah lebih dari sepekan dengan tujuan untuk membuat pintu muara sungai yang baru," ujar dia.

Baca juga: Monumen Perdamaian yang Diresmikan Jokowi Rusak karena Abrasi

Hanya saja, menurut Hendrajoni, upaya yang dilakukan hanya bersifat sementara, karena untuk permanen membutuhkan pembuatan batu penahan ombak di sepanjang bibir pantai.

"Kami sudah menghubungi pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengalokasi anggaran guna membangun batu penahan ombak di lokasi. Mudah-mudahan bisa dianggarkan," kata dia.

Abrasi terjadi sejak satu bulan terakhir. Hal itu disebabkan gelombang laut cukup besar, sehingga mengikis bibir pantai mendekati areal pemukiman warga dan jalan lintas.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X